Mau Punya Bisnis Kuliner tapi Minim Modal, Memang Bisa?

Jumat, Juli 16, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Bisnis kuliner semakin digemari di Tanah Air. Hal ini terlihat dengan semakin menjamurnya kafe, restoran dan bisnis kuliner rumahan di berbagai tempat. Namun, membangun usaha atau bisnis kuliner identik dengan modal yang besar.

Apalagi di tengah pandemi saat ini, membangun bisnis tanpa modal besar rasanya mungkin mustahil. Namun, ternyata ada beberapa cara untuk bisa mendapatkan modal berbisnis seperti yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Mulai dengan Inkubator Restoran

Inkubator restoran atau ghost kitchens merupakan salah satu konsep baru, yakni bisnis kuliner tanpa restoran. Adapun model bisnis kuliner ini hanya menerima pemesanan secara online saja. Selain konsep bisnis ini memungkinkan Anda untuk berbisnis dengan peralatan seadanya.

2. Ajukan Pinjaman Modal

Memulai bisnis tanpa modal yang cukup memang cukup sulit. Namun, saat ini ada banyak perbankan atau perusahaan yang menawarkan pinjaman modal bagi UMKM. Selain itu, Anda juga bisa mencoba memanfaatkan layanan pinjaman peer-to-peer yang mencocokkan pemberi pinjaman dengan peminjam. Namun, ada baiknya untuk memastikan dahulu besar bunga serta risiko dari pinjaman tersebut.

3. Cari Investor

Selain layanan pinjaman, Anda juga bisa mencoba untuk menemukan investor yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Dalam hal ini, investor akan menjadi orang yang membantu mendanai ide atau rencana bisnis Anda. Mulailah dengan mencari investor dalam lingkung yang ada seperti teman, keluarga atau orang-orang yang mendukung pendanaan bisnis lokal.

4. Mulai dari Catering

Memulai bisnis kuliner dari catering juga bisa dicoba jika Anda memiliki budget minim. Mulailah menawarkan catering ke teman, tetangga atau kerabat Anda. Promosikan juga bisnis katering Anda secara online untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Masih penasaran tentang cara memiliki bisnis kuliner dengan modal minim? Cari tahu kiat-kiat terjun di industri bisnis kuliner lainnya dalam Webinar bertajuk 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' yang diselenggarakan Kraft Heinz Food Service Institute pada 29 Juli dan 5 Agustus 2021 mendatang.


Webinar persembahan Kraft Heinz Food Service Institute bekerja sama dengan detikcom ini akan mengusung tema 'Tangguh Hadapi Pandemi, hingga Panen Cuan di Awal Merintis Bisnis dengan Ciptakan Inovasi Baru', dengan menghadirkan narasumber hebat, mulai dari pengusaha sukses hingga para expert di bidang usaha kuliner. Acara ini bisa nantinya bisa disaksikan pada 29 Juli 2021 mendatang lewat streaming di platform detikcom.

Di webinar ini, peserta beruntung juga akan mendapatkan hadiah promosi melalui artikel di detikcom. Selain itu, 10 bisnis terpilih juga punya kesempatan untuk mengikuti sesi pelatihan eksklusif coaching dari Ultra Indonesia, APCA dan ACP Indonesia. Selain itu, ada tambahan modal senilai puluhan juta rupiah yang menanti. 


Sumber : detikfood

0 comments: