Mitos Hantu Mariaban, Siluman Pemburu Manusia dari Kalimantan

Jumat, Juli 16, 2021 Majalah Holiday 0 Comments



Kalimantan adalah pulau terbesar kedua di Indonesia setelah Papua yang juga terkenal akan kekayaan flora dan faunanya. Selain itu, Kalimantan untuk saat ini juga dibidik oleh pemerintah Republik Indonesia akan dijadikan wilayah Ibukota Negara menggantikan posisi DKI Jakarta.
Meskipun potensi alam dan ekonominya sangat tinggi, Kalimantan tidak bisa dilepaskan dari mitos mengenai keberadaan makhluk tak kasat mata.
Luasnya wilayah hutan di Kalimantan di sisi lain juga sering dikaitkan dengan keberadaan mahluk tak kasat mata penunggu hutan, seperti kisah dari hantu Mariaban yang sering dijadikan cerita oleh masyarakat dari mulut ke mulut.
Mitos mengenai sosok hantu Mariaban sering menjadi bahan pembicaraan masyarakat dan diyakini sosok hantu ini sebagai sumber pesugihan jodoh.
Sosok Mariaban sendiri dikatakan tergolong ke dalam jenis siluman yang memiliki tubuh penuh bulu yang lebat, wujudnya yang menyerupai kera raksasa ini diyakini sering menetap di hutan-hutan yang ada di Kalimantan.
Meskipun menyeramkan, karena mitos soal pesugihan jodoh mengenai makhluk ini lebih kental, akibatnya masyarakat lebih sering memburu makhluk ini, ya meskipun tidak ada yang pernah bisa membuktikan wujud asli dari makhluk ini.

Menurut kisah yang beredar, barang siapa yang mampu menangkap makhluk jadi-jadian tersebut, maka ia akan bisa mendapatkan siapapun yang ia inginkan jadikan jodohnya.
Pada kondisi tertentu, sebenarnya makhluk ini sangat ganas dan bisa membunuh manusia kapan saja, apalagi jika berada di wilayah kekuasaannya. Dikatakan bahwa Mariaban bisa menyerang manusia dengan mencakar leher dan menghisap darah manusia layaknya vampir.
Menurut versi lain, makhluk ini juga bisa menyamar menjadi manusia, jadi harus berhati-hati jika berada di hutan karena bisa saja ia menyamar menjadi rekan kita.


Sumber : Kumparan

0 comments: