Pesona Wisata Uzbekistan, Negeri Toleran dengan Arsitektur Bangunan Mengagumkan

Rabu, Juli 21, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Gaya arsitektur bangunan di Kota Tashkent, Uzbekistan (Foto: Instagram/@the.adventures.of.nicole)

SEBUAH content creator di instagram, @nasdaily membagikan kabar gembira, yakni Uzbekistan telah resmi membuka pariwisata setelah beberapa tahun 'menutup diri'.

“Tempat yang saya kunjungi saat ini sudah siap dibuka untuk turis. Turis akhirnya bisa dapat datang ke sini, ke sini, dan ke sini,” ucap seorang pria dalam tayangan video tersebut sambil menampilkan tempat-tempat menakjubkan di Uzbekistan.

Ia menyebutkan bahwa sebelumnya Uzbekistan tertutup bagi dunia internasional. Sangat sulit untuk mendapatkan visa, sangat sulit terbang ke sana, apalagi untuk urusan berkeliling di berbagai tempat menkjubkan di negara Asia Tengah itu. Namun tiga tahun silam, mereka membuka kembali negara mereka untuk dunia.

“Dan hari ini aku ingin menunjukkan apa yang bersembunyi di dalamnya. Percaya padaku, ini akan membuatmu terkejut,” sebut pria di balik kamera seraya menampilkan sejumlah bangunan megah di Uzbekistan.

Kota Tashkent

(Foto: Instagram/@uzb_travel)

Uzbekistan adalah negara muslim di Asia Tengah yang berada di jalan sutra kuno di mana 30 juta orang tinggal di sana. Hal pertama yang akan Anda lihat di negeri ini ialah toleransi.

Di sini orang Yahudi berdoa bersama muslim dengan damai. Mereka saling menerima dan mencintai satu sama lain.

“Saya orang Yahudi, saya lahir di Uzbekistan. Muslim dan Yahudi, kita semua bersaudara di sini,” ucap seorang perempuan yang diwawancarai dalam video tersebut.

Tepat di sebelah masjid, terdapat sinagog dan kuburan Yahudi. Pengurus pemakaman Yahudi sendiri ialah seorang muslim.

Kota Tashkent

“Nama saya Jahangit, saya pengurus makam Yahudi dan saya seorang muslim,” kata dia dalam wawancara singkat.


Negara ini bukan hanya memiliki toleransi. Namun juga sangat amat indah dan memesona.

Uzbekistan memiliki beberapa masjid terindah di dunia. Di Samarkand dan Bukhara kita dapat melihat arsitektur sangat detail, bernuansa biru, dan sangat megah. Sulit dipercaya seseorang membangun ini 600 tahun silam.


“Samarkand adalah kota kuno yang dulunya berada di jalur sutra yang indah dan penuh keajaiban. Arsitektur dan lokasi tersebut sangat instagrameble dan cocok untuk penggemar sejarah,” ucap seorang warga Uzbekistan.

Kuliner mereka juga luar biasa. Mereka memiliki ciri khas penggorengan terbesar di Asia. Orang Uzbekistan tidak memasak satu atau dua makanan, namun berton-ton sekaligus untuk membuat makanan jalanan versi mereka sendiri. Mereka menyebutnya dengan sebutan Plov.

Kota Taskent

(Foto: Instagram/@the.adventures.of.nicole)

Uzbekistan baru dibuka dalam tiga tahun terakhir, di mana hanya 3.000 orang Amerika dan 10.000 orang Arab yang melihat tempat ini. Itulah sebabnya mereka ingin turis datang ke berduyun-duyun ke negeri tempat Imam Bukhari dimakamkan itu.

Tiga tahun silam mereka membangun universitas internasional bagi para ekspatriat. Saat Anda datang ke sana, mereka akan menyambut dengan hangat.

Ada banyak tantangan yang dihadapi Uzbekistan saat ini. Infrastruktur jalan, sambungan internet masih harus dibenahi. Di balik segala kekurangannya, Uzbekistan ialah salah satu negara dengan toleransi, keindahan, budaya mengagumkan yang patut dicontoh negara lain.


Sumber : okezone.com

0 comments: