Richard Branson Akhirnya Lepas Landas ke Luar Angkasa

Senin, Juli 19, 2021 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments


  
   Sir Richard Branson akhirnya berhasil mencapai mimpinya dengan terbang ke luar angkasa. Dia akhirnya berhasil menggapai impiannya tersebut setelah hampir selama 17 tahun mengembangkan perusahaan pembuat pesawat luar angkasa, Virgin Galactic.

Melansir dari CNBC, Senin (12/7/2021), Branson akhirnya berhasil terbang ke luar angkasa menggunakan pesawat ruang angkasa milik perusahaannya, Virgin Galactic. Pesawat ruang angkasa VSS Unity diluncurkan di atas langit New Mexico pada hari Minggu (13/7) kemarin dengan membawa dua pilot, Branson, dan tiga karyawan Virgin Galactic.

Pesawat luar angkasa yang ditumpangi oleh Branson ini berhasil terbang hingga orbit bumi dengan ketinggian 86,1 kilometer. Pada ketinggian tersebut, awak serta penumpang pesawat tersebut dapat merasakan kondisi tanpa gravitasi. Pesawat luar angkasa itu kemudian kembali ke permukaan bumi dan mendarat di landasan pacu Spaceport America, tempat ia lepas landas sebelumnya.


"Saya telah memimpikan momen ini sejak saya masih kecil, dan sejujurnya tidak ada yang bisa mempersiapkan Anda untuk melihat Bumi dari luar angkasa," kata Branson setelah mendarat.Ke depannya, pesawat luar angkasa VSS Unity ini akan digunakan sebagai objek pariwisata luar angkasa. Hingga saat ini, Virgin Galactic telah memiliki sekitar 600 reservasi tiket untuk penerbangan luar angkasa mendatang, dijual dengan harga antara US$200.000 dan US$250.000 atau sekitar Rp 2,9 miliar - Rp 3,6 miliar (dengan kurs Rp 14.500/dolar AS).

Ke depannya Virgin Galactic berencana untuk memulai layanan penerbangan luar angkasa komersial pada awal 2022.

"Kami di sini untuk membuat ruang lebih mudah diakses oleh semua orang," kata Branson setelah penerbangan.

"Pernyataan misi yang saya tulis di dalam pakaian antariksa saya adalah untuk mengubah impian perjalanan ruang angkasa menjadi kenyataan bagi cucu-cucu saya dan bagi banyak orang yang hidup hari ini, untuk semua orang," jelasnya.

Sumber : detik.com

0 comments: