Taiwan menangkap 20 tersangka penipuan setelah panggilan video dari insinyur di AS

Rabu, Juli 21, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Jaringan penipuan menyewa seluruh hotel di Pingtung untuk dijadikan basisnya

Seorang insinyur di AS membantu polisi menangkap jaringan penipuan di sebuah hotel di Pingtung County. (foto CNA)

TAIPEI — Polisi menahan 20 tersangka di Taiwan setelah seorang insinyur Cina-Amerika menuduh mereka melakukan penipuan dalam konferensi video, kata laporan Selasa (20 Juli).

Insinyur tersebut menghubungi polisi di Taipei melalui panggilan video pada Maret tahun lalu, melaporkan bahwa ia telah menerima panggilan telepon berulang kali dari orang-orang yang menyamar sebagai agen layanan pengiriman dan sebagai personel peradilan.

Penyelidikan menunjukkan bahwa jaringan penipuan telah menyewa seluruh hotel di Kabupaten Pingtung untuk digunakan sebagai basis untuk menargetkan orang Asia-Amerika, CNA melaporkan.

Salah satu anggota pertama-tama akan menyamar sebagai agen layanan pelanggan dan mengatakan bahwa paket ilegal telah dikirim oleh seseorang yang mencuri identitas korban penipuan. Panggilan tindak lanjut oleh anggota lain yang berpura-pura menjadi petugas polisi atau jaksa akan memberi tahu korban untuk membayar uang jaminan untuk menyelesaikan masalah.


Menurut polisi di Taiwan, total 10 orang menjadi korban penipuan, kehilangan NT$17 juta (US$605.000) dalam prosesnya.

Ketika polisi menyerbu hotel di Pingtung September lalu, mereka menemukan 13 tersangka, sementara penggeledahan di Kaohsiung menemukan lima anggota jaringan yang dipercaya mengelola akun grup.

Dua pria yang digambarkan sebagai dalang operasi baru-baru ini ditangkap di Taichung, sementara sejumlah besar uang tunai, obat-obatan, dan barang-barang mewah ditemukan. Kejahatan terorganisir diduga terlibat dalam skema tersebut, kata petugas polisi pada konferensi pers Selasa.

Sumber : Taiwan news

0 comments: