Tidak ada efek samping utama dari jab Moderna pada peluncuran hari ke-3: Taiwan CECC

Senin, Juli 05, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Tidak ada reaksi merugikan utama yang dilaporkan sejauh ini, Pusat Komando Epidemi Pusat melaporkan

Botol vaksin Moderna COVID-19. (foto AP)

TAIPEI — Otoritas kesehatan Taiwan mengungkapkan pada Sabtu (2 Juli) efek samping paling umum dari inokulasi COVID-19 menggunakan vaksin Moderna.

Lebih dari 10 persen dari mereka yang divaksinasi mengalami beberapa efek samping berikut, termasuk nyeri dan pembengkakan pada lengan tempat mereka disuntik, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, kedinginan, nyeri sendi, demam, pembengkakan kelenjar getah bening, mual, dan muntah. Sekitar 1 hingga 10 persen melaporkan kemerahan atau gatal-gatal pada kulit.

Efek samping yang langka termasuk gatal, sekitar 0,1 hingga 1 persen, dan wajah bengkak atau kelumpuhan saraf wajah, kurang dari 0,1 persen, pada orang yang telah mendapatkan vaksin mRNA, menurut Pusat Komando Epidemi Pusat (CECC).



Tidak ada data yang tersedia sampai saat ini tentang reaksi alergi instan yang disebabkan oleh Moderna.

Individu disarankan untuk mencari perhatian medis jika mereka mengalami kesulitan bernapas, detak jantung berdebar kencang, atau nyeri dada, karena miokarditis - peradangan otot jantung - telah dilaporkan setelah vaksinasi mRNA COVID-19 di negara lain, kata Juru Bicara CECC Chuang Jen-hsiang (莊人祥).

Data dikumpulkan dari koleksi 29.224 sampel, per 26 Juni. Wanita menyumbang 71,7 persen dari kasus ini, sementara 80 persen penerima vaksin Moderna berusia antara 18 dan 49 tahun, lapor UDN.

Sumber : Taiwan news

0 comments: