Uang Tunai Menularkan Virus Corona, Benarkah?

Rabu, Juli 21, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Virus Corona merupakan salah satu jenis virus yang sangat mudah menular dan cepat menyebar. Masih banyak spekulasi bermunculan terkait dengan penularan virus Corona, termasuk penularan virus Corona melalui uang tunai. Sebenarnya, apakah uang tunai bisa menularkan virus Corona?

Uang tunai dalam bentuk kertas atau koin merupakan salah satu benda yang paling sering disentuh dan berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya. Karena sering disentuh dan berpindah tangan, bisa saja ada banyak virus dan kuman penyebab penyakit yang menempel di permukaan uang tunai.

Uang Tunai Menularkan Virus Corona, Benarkah? - Alodokter

Fakta Penularan Virus Corona Melalui Uang Tunai
Virus Corona penyebab penyakit COVID-19 mampu bertahan hidup di permukaan benda selama beberapa jam atau hari, tergantung pada jenis permukaan, suhu, serta kelembapan benda tersebut.

Virus Corona diketahui bisa bertahan hidup lebih lama di tempat atau permukaan benda yang bersuhu dingin. Sebaliknya, beberapa riset menunjukkan bahwa virus Corona mungkin untuk tidak bisa bertahan hidup di tempat yang bersuhu panas, terutama yang banyak terpapar sinar matahari.

Pada permukaan berbahan plastik, virus Corona bisa bertahan hidup selama 2–3 hari. Sementara itu, virus Corona bisa bertahan di permukaan logam selama 5–9 hari, tembaga selama 4 jam, kaca selama 5 hari, dan kertas selama beberapa menit hingga 5 hari.

Virus Corona diketahui bisa masuk ke dalam tubuh, ketika seseorang menyentuh benda yang sudah terpapar virus ini kemudian makan dengan tangan atau menyentuh hidung, mulut, atau mata tanpa mencuci tangannya terlebih dahulu.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada laporan kasus atau riset yang memastikan bahwa seseorang terpapar COVID-19 dari uang tunai. Penularan virus Corona yang paling umum adalah ketika seseorang melakukan kontak dekat dengan orang yang terdiagnosis COVID-19.

Selain itu, virus Corona juga diketahui dapat menular lewat udara (airborne) di dalam ruangan yang tertutup, ramai, dan tidak memiliki ventilasi yang baik. Pada lingkungan yang demikian, risiko seseorang untuk terinfeksi virus Corona akan lebih tinggi ketika berlama-lama di tempat tersebut.

Tips Mencegah Penularan Virus Corona Melalui Uang Tunai
Walaupun risiko penularan virus Corona melalui uang tunai tergolong rendah, kamu perlu tetap perlu waspada. Agar lebih aman, coba ikuti tips berikut guna mencegah penularan virus Corona melalui uang tunai:


Sering cuci tangan
Ini merupakan langkah utama yang penting dilakukan untuk mencegah COVID-19. Oleh karena itu, ingatlah untuk rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer dengan alkohol minimal 70% setelah menyentuh uang tunai.

Kamu juga perlu mencuci tangan setelah menyentuh benda kotor, membuang sampah, atau setelah batuk dan bersin.

Pakai sarung tangan
Bila pekerjaanmu mengharuskan untuk menyentuh uang tunai, gunakanlah sarung tangan sebagai alat pelindung diri dari virus Corona, Sarung tangan bisa menjadi penghalang, agar kedua tanganmu tidak langsung menyentuh uang tunai.

Jangan lupa untuk rutin mencuci sarung tangan tersebut, jika bahanya adalah kain, ya. Sementara itu, jika sarung tanganmu hanya untuk sekali pakai, baik yang berbahan plastik atau karet, pastikan untuk membuang dan menggantinya setiap kali selesai digunakan.

Kamu juga tetap dianjurkan untuk mencuci tangan setelah melepas sarung tangan dan hindari menyentuh wajah sehabis menggunakan sarung tangan.

Gunakan disinfektan
Bila ingin memastikan uang tunaimu benar-benar bebas dari virus dan bakteri, kamu bisa menyemprotnya dengan disinfektan atau menggunakan alat yang disebut UV sterilizer. Untuk uang kertas yang disemprot disinfektan, biarkan dulu kering dengan sendirinya sebelum kamu masukkan kembali ke dompet.

Kini, kamu tidak perlu khawatir berlebihan lagi terhadap penularan virus Corona melalui uang tunai selama menerapkan tips di atas.

Namun, agar lebih aman, kamu dianjurkan untuk memanfaatkan metode pembayaran secara non-tunai (cashless) ketika melakukan transaksi, misalnya ketika berbelanja atau memesan makanan secara online.

Di samping itu, kamu juga dianjurkan untuk rutin membersihkan barang-barang di sekitar dengan disinfektan dan menerapkan protokol kesehatan di mana pun kamu berada. Gunakanlah masker dobel, sering mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer, serta terapkan physical distancing.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait penularan penyakit COVID-19 atau ingin memastikan kebenaran dari sebuah informasi, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter melalui chat di aplikasi ALODOKTER. Di aplikasi ini, kamu juga bisa membuat janji konsultasi dengan dokter di rumah sakit.

Sumber : alodokter

0 comments: