Usulkan Jadi Warisan Budaya Dunia UNESCO, Sandiaga: Tempe Gak Ada Lawan

Rabu, Juli 07, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Instagram/@sandiuno)


SIAPA tidak kenal tempe. Ya, kuliner tradisional khas Indonesia ini sangat akrab di lidah masyarakat Indonesia. Tempe bahkan telah dikenal selama berabad-abad silam.

Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini dahulu dikonsumsi secara turun temurun oleh masyarakat terutama di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Melansir laman bsn.go.id, tempe merupakan makanan yang terbuat dari biji kedelai atau beberapa bahan lain yang diproses melalui fermentasi dari apa yang secara umum dikenal sebagai ragi tempe.

Melalui proses fermentasi inilah biji kedelai mengalami proses penguraian menjadi senyawa sederhana sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

Memiliki nilai historis dan identik dengan Indonesia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno lantas tak ragu mengusulkan tempe menjadi warisan budaya dunia UNESCO.

Ia bahkan mencontohkan sejumlah tokoh dunia yang pernah pamer makan tempe. Mulai dari mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, artis Korea Selatan Kim Jung-min hingga selebriti Hollywood, Alicia Silverstone.

"Inilah deretan pemimpin dunia hingga publik figur yang sudah jatuh cinta sama tempe. Dari Barack Obama, hingga artis Hollywood dan Korea sudah mencicipi kuliner kebanggaan Indonesia ini," tulis Sandi di akun Twitter-nya, @sandiuno.

Setuju kan guys kalau tempe kita usulkan menjadi warisan budaya dunia UNESCO," timpal Sandi.

Sandi mengaku optimistis jika hal itu akan membawa dampak besar pada penciptaan lapangan kerja sekaligus kesejahteraan para pelaku ekonomi kreatif kuliner berbahan dasar tempe dan juga petani kedelai.

"Main hape sambil makan bakwan. Bakwan isi ikan dikasih Ibu Nia. Memang Tempe gak ada lawan, yuk kita jadikan warisan budaya dunia," tuturnya berpantun.



Sumber : okezone.com

0 comments: