Viral Selebgram Bikin IG Live Bantu Dagangan PKL yang Sepi karena PPKM

Senin, Juli 19, 2021 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



  Pemerintah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat guna mencegah menyebara virus Corona. Selama PPKM darurat, sejumlah pembatasan kegiatan masyarakat diperketat, mulai dari bekerja dari rumah untuk sektor nonesensial, beribadah di rumah, hingga belajar secara online.

PPKM darurat yang diperpanjang hingga akhir Juli 2021 ini berdampak pada roda ekonomi masyarakat kecil. Salah satu yang terkena efeknya adalah para pedagang kaki lima (PKL) yang pendapatannya harian, kini sepi pembeli. Melihat kejadian tersebut, selebgram dan komedian asal Pontianak Meme Daeng tak tinggal diam.

Ia membantu menjual dagangan PKL dengan cara Live di akun Instagramnya @memedaengg. Meme yang mempunyai pengikut lebih dari 250 ribu itu mengajak agar pengikutnya bisa membeli dagangan PKL tersebut.

"Tahun lalu PSBB, tahun ini PPKM. Melalui Live instagram, saye maok JAJAK kan jualan saudare-saudare kite yang kenak dampak PPKM. Di Live instagram saye jam 7 malam nanti (akan berlajut beberape hari ke depan)," tulis akun Instagram @memedaengg.

Meme mengharapkan agar pengikutnya bisa aktif dan memberikan bantuan dengan membeli dagangan para PKL.

"Saye harap same kayak mase PSBB kemaren, banyak sekali orang-orang baek yang nyisihkan duet nye buat beli jajanan yang saye Jajak kan lewat instagram live. Siapkan duet lebeh kawan-kawan ye! Btw yang ade rekomendasi pedagang pinggir jalan, bise bantu tulis di kolom komentar," tambahnya.

Dari video yang diunggahnya ke Instagram tampak PKL yang dia bantu promosikan penjualannya adalah pedagang yang menjual jagung dan kacang rebus. Dalam siaran langsung di Instagram tersebut, Meme tak malu berteriak sambil menjual kacang dan jagung rebus.

"Jagung kacang rebus, nanti ada yang antar harganya Rp 5 ribu. Yok kita bungkus ya. Ini ada yang beli Rp 100.000, bungkuss.. mana yang lain alhamdulillah," ujar Meme.


Aksinya dalam membantu menjual dagangan tersebut viral di media sosial. Hingga Minggu (18/7/2021) postingan tersebut sudah mendapatkan 6.990 Likes dan 19 komentar.

"Alhamdullilah... Semoga kak Meme dan keluarga dberkahi kesehatan. Amin," ujar akun @nanin_andrianto.

"Semangat memedaeng. Semoga selalu berada dalam lindungan Allah," ucap akun _ernawatiii.

"Mantap..sangat membantu pedagang yang terdampak PPKM..semoga Allah mudah kan rezeki kak meme dan kawan2..amin ya Allah," tutur @facial_in_home.

"Seru ni kalau budak semuenye kayak gini," saut akun @isan_dwipra.


Wolipop mewawancarai Meme Daeng, selebgram yang membantu menjual dagangan PKL di daerah Kotabaru, Kalimantan Selatan dengan cara melakukan Instagram (IG) Live. Meme selama ini dikenal melalui kontennya tentang situasi komedi (sitkom).

"Karena aku masuk ke ruang entertainment Pontianak lewat Standup Comedy, selain nge-mc, aku seneng aja bikin konten yang berbau komedi," kata Meme, Jumat (16/7/2021).

Ia pun menceritakan di balik aksinya membuat Instagram Live membantu pedagang kaki lima berjualan tersebut. Aksinya itu diberi nama Jajak Online. Dia melakukan IG Live setiap jam 19.00 WITA di akun Instagramnya.

"Di video yang viral itu, aku hanya menggunakan Instagram aku untuk datang ke gerobak-gerobak PKL. Dan melakukan Live Instagram yang dicmana dicdalam Live tersebut aku akan menjajakkan jualan para PKL," tuturnya dengan penuh antusias.

Hari pertama programnya tersebut sukses dan berjalan dengan lancar. "Alhamdulillah antusiasnya bagus dari followers. Hari pertama program ini aku jalankan, tiga gerobak (3PKL) jualannya habis tidak bersisa karena dibeli sama followers-followersku yang bergabung di Live itu."

Meme mengaku ide membuat Jajak Online muncul secara spontan selama PPKM. Dia ingin membantu perputaran ekonomi di sekitarnya berjalan kembali.

"Ide awalnya karena PPKM ini, aku lebih sering Live Instagram. Tiba-tiba aja kepikiran kalau aku Live di gerobak-gerobak PKL. Sambil bantu penjualan mereka yang terdampak PPKM," jelasnya.


Ketika videonya viral di media sosial, ia merasa senang saat bisa bermanfaat untuk orang lain. Aksinya berbagi itu pun kini telah ditayangkan di televisi swasta.

"Saat viral senang, bukan karena personal, lebih ke ya kalau programnya viral. Harusnya pembeli yang akan bergabung di Live jualan aku semakin ramai," tuturnya.

Namun di tengah aksinya tersebut, ada saja warganet yang nyinyir. Ada yang bilang di saat melakukan aksi berbagi tersebut dia sengaja direkam depan kamera. Apa kata Meme soal nyinyiran segelintir netizen itu?

"Aku nggak tanggapi sih. Kalau ditanggapi aku malah mengurusin mereka, bukan mengurus program yang aku buat," terangnya singkat.

Meme berharap pada masa PPKM darurat ini semua orang bisa saling membantu sesama. "Saat merasa sulit, jangan dulu mengeluh. Lihat sekitar dulu, pasti ada yang lebih sulit daripada kita. Cukup menyenangkan ketika dengan kondisi kita yang nggak juga baik-baik aja, tapi masih bisa bikin saudara kita yang nggak baik-baik aja senyum," tutup Meme.

Sumber : wolipop.detik.com

0 comments: