Wahyu Asta Brata (Carita Adi Purwa) Episode 5: Kisah Hidup Sultan Mataram

Selasa, Juli 06, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi (Foto: RCTI+)


CERITA rakyat atau legenda merupakan cerita yang berasal dari masyarakat Indonesia yang telah diwarisi secara lisan.

Kisah legenda Wahyu Asta Brata (Carita Adi Purwa) Eps. 5 kini hadir dalam Cerita Suara yang bisa didengarkan secara streaming di platform Radio+ bagian dari RCTI+.

Cerita Suara Wahyu Asta Brata berlatar kesultanan Mataram yang akan mengungkap fakta, sejarah, dan budaya Mataram.

Kisahnya menggetarkan, mendebarkan, menggelorakan semangat, cinta dan perjuangan umat manusia yang ingin mengungkap misteri kehidupan ini.

Pada mulanya kisah ini tanggal 30 Juli 1601 terjadi gerhana matahari total, hal itu merupakan pertanda buruk bagi rakyat Mataram, memang benar bumi Mataram pucat bagai wajah tanpa darah.

Empat bulan setelah peristiwa gerhana matahari total tepatnya pada hari Senin tanggal 2 November 1601, istana Mataram dilanda duka, Panembahan Senopati ing Alaga meninggal dunia. Seluruh pembesar dan Notoprojo kerajaan Mataram menghaturkan bela sungkawa.

Jenazah Panembahan Senopati ing Alaga segera dikebumikan dan sehari kemudian Kanjeng Adipati Mondoroko mengadakan pertemuan paseban Agung di Siti Inggil istana Mataram.

Pertemuan akbar di Siti Inggil itu dihadiri segenap kerabat istana, para pembesar dan seluruh Notoprojo Mataram, serta putra putri Panembahan Senopati yang duduk berbanjar di dekat singgasana.

Singkat cerita dari Kisah legenda Wahyu Asta Brata (Carita Adi Purwa) Eps. 5 ( Embed kata Wahyu Asta Brata (Carita Adi Purwa) Eps. 5 ) Sukmo terus berlari menjauh dari kakek dan neneknya yang mengejarnya sambil membawa lencana tersebut. Hingga akhirnya, Sukmo sampai di rumah dan bertemu dengan kedua orang tuanya.

Kedua orang tuanya memarahi Sukmo karena Sukmo berlari-larian, sampai ketika kedua orang tuanya tau bahwa Sukmo membawa lencana, mereka semakin memarahi Sukmo karena mereka mengira Sukmo mencuri lencana tersebut.

Penasaran? Mau tau kelanjutan dari Cerita Suara Wahyu Asta Brata (Carita Adi Purwa)? Yuk dengerin kisah selengkapnya di Radio+ bagian dari RCTI+. Unduh aplikasi RCTI+ di Google Play Store dan Apple App Store.


Sumber : okezone.com

0 comments: