Wajib Tahu, Ini Kopi Asli Indonesia yang Mendunia

Kamis, Juli 15, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Kopi asli Indonesia menjadi produk yang sangat diunggulkan (Foto: indonesia.travel)


Secangkir kopi akan terasa nikmat menemani aktivitas #DiRumahAja. Cita rasa dan aroma kopi bisa menjadi mood booster kamu, loh. Karena itulah penting untuk memilih kopi yang berkualitas.

Kopi khas Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke, dan setiap daerah memiliki cita rasa unik tersendiri. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong kopi khas Nusantara mampu menjadi nation branding yang kuat.

“Kopi ini menjadi produk yang sangat diunggulkan. Karena, Indonesia dikenal sebagai episentrum kopi di dunia. Saya berharap industri kopi akan menjadi tulang punggung penciptaan lapangan kerja, penggerak ekonomi Indonesia termasuk ekspor, dan akan menjadi nation branding Indonesia yang kuat,” kata Menparekraf.

 

Menparekraf berharap industri kopi menjadi nation branding Indonesia yang kuat (Foto. Indonesia.travel)

Berdasarkan data dari Organisasi Pangan dan Agrikultur Dunia (FAO), pada 2017 - 2018, Indonesia menempati posisi keempat sebagai salah satu negara penghasil biji kopi terbesar di dunia, setelah Brazil, Vietnam, dan Columbia.

Jenis kopi yang dihasilkan Indonesia pun beranekaragam, seperti Kopi Arabika Toraja, Kopi Gayo, Kopi Sidikalang, Kopi Kintamani, dan lainnya. Yuk, kenalan dengan beberapa jenis kopi asli Indonesia yang mendunia.

Kopi Gayo

Foto. Instagram @kedaimie_kopiaceh

Kopi Gayo menjadi salah satu jenis kopi Nusantara yang cukup populer, baik di dalam negeri maupun mancanegara. Salah satu karakteristik dari jenis kopi ini adalah aroma yang kuat dan gurih, serta tingkat keasaman yang rendah.

Kopi dari dataran tinggi Gayo tersebut tumbuh subur di Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Kehadiran kopi Gayo pun telah ada zaman penjajahan Belanda. Kopi Gayo adalah kopi yang paling banyak diekspor Indonesia. Menariknya, biji kopi Aceh Gayo paling banyak diminati masyarakat Jepang.

Kopi Mandailing

Foto. Indonesia.travel

Sejak tahun 1980-an, kopi Mandailing sudah dikenal sebagai salah satu kopi terbaik di dunia. Kopi Mandailing pertama kali ditanam di Kawasan Mandailing Natal, tepatnya di daerah Pekantan, Sumatera Utara.

Kopi Mandailing memiliki cita rasa khas, yang digemari oleh para pencinta kopi dunia, yaitu tingkat keasaman yang rendah dan tingkat kekentalan yang tinggi. Sementara itu, jenis kopi yang paling disukai dari kopi Mandailing adalah kopi arabika.

Kopi Ciwidey

Foto. Indonesia.travel

Kopi Ciwidey dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat, juga menjadi salah satu jenis kopi Nusantara yang menjadi primadona di negeri sendiri. Bahkan, kopi Ciwidey pernah mendapatkan predikat sebagai kopi termahal di Indonesia dan tercatat dalam rekor MURI 2017.

Salah satu alasan mengapa kopi Ciwidey layak dihargai mahal adalah karena rasa dan aromanya yang unik. Kopi Ciwidey memiliki rasa yang cenderung manis saat diminum. Rasa tersebut didapat setelah melewati proses yang cukup panjang, demi mendapatkan biji kopi yang berkualitas.

Kopi Bali

Foto. BeliKreatifLokal.id

Selain keindahan alamnya, Bali juga dikenal sebagai salah satu produsen kopi asli Indonesia yang memiliki cita rasa unik. Kopi Bali memiliki cita rasa buah-buahan yang cenderung asam dan segar.

Beberapa orang menyukai kopi Bali karena rasanya yang lebih lembut dan tidak berat.

Kopi Toraja

Foto. Indonesia.travel

Kopi Toraja, Kopi yang berasal dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan, popularitasnya bukan hanya di Nusantara, namun hingga mancanegara. Hal ini berkat rasa kopi Toraja yang unik dibandingkan dengan jenis kopi Nusantara lainnya.

Keunikan dari kopi Toraja didapat dari perpaduan rasa cokelat, tembakau, dan karamel di tiap seduhan kopinya. Tekstur dari kopi Toraja dikenal sangat halus dan harum, sehingga akan membuat setiap orang yang meminumnya menjadi lebih rileks.

Itulah beberapa jenis kopi asli Indonesia yang tersohor hingga ke mancanegara, dan tentunya membuat kita semakin #BanggaProdukIndonesia. Dukung terus pelaku ekonomi kreatif dengan #BeliKreatifLokal, agar mereka tetap bertahan dan terus produktif di tengah pandemi.

Kamu bisa mendapatkan berbagai jenis kopi asli Indonesia secara online sehingga kamu tetap aman #DiRumahAja. Apalagi sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk wilayah Jawa-Bali mulai 3-20 Juli 2021 yang membuat sebagian besar masyarakat beraktivitas di rumah.

Bagi kamu yang hendak beraktivitas di luar rumah, tetaplah disiplin dalam menjalankan 6M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan menghindari makan bersama. Di samping itu, jangan lupa untuk mengikuti program vaksinasi agar tercipta kekebalan tubuh dari ancaman virus, ya!


Sumber : okezone.com

0 comments: