15 Tempat Wisata di Sumenep, dari Pulau Mini hingga Air Terjun Cantik

Jumat, Agustus 20, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2021 08 19 408 2457799 15-tempat-wisata-di-sumenep-dari-pulau-mini-hingga-air-terjun-cantik-N5VkjIJTL0.jpg

ADA banyak tempat wisata di Sumenep. Bukan hanya pantai, kabupaten di Pulau Madura, Jawa Timur tersebut juga memiliki bukit asri, air terjun indah hingga museum bersejarah yang bisa dikunjungi wisatawan.

Sumenep juga memiliki pulau-pulau kecil yang pesonanya sungguh memikat untuk dijadikan tujuan liburan.

Berikut ini 15 rekomendasi tempat wisata di Sumenep :

1. Gili Iyang

Berlokasi di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura merupakan pulau mini yang menawarkan udara tersehat di dunia. Pulau ini memiliki udara dengan kadar oksigen tertinggi di seluruh dunia.

Wisata Sumenep ini juga memiliki pantai pasir putih yang bersih juga tenang. Anda dapat melakukan snorkeling, ataupun berenang di pantai ini. Juga, Anda dapat menikmati sunset di sore hari.

2. Gili Genting

Kali ini sesuai namanya, berlokas di Kecamatan Gili Genting. Gili Genting menawarkan daya tarik utamanya yakni pantai yang sangat bersih juga alami. Pantai itu diberi nama Pantai Kahuripan.

Tak seperi pantai pada umumnya, pantai ini menawarkan dataran tebing dan areal bebatuan karang yang sangat menawan.

3. Pantai Lombang

Wisata Sumenep selanjutnya yang dapat Anda kunjungi ialah Pantai Lombang, wilayah sekitar sini ditumbuhi oleh pepohonan cemara yang sangat rimbun, sehingga jika Anda mengunjungi pantai ini, Anda tak akan kepanasan dan dapat berteduh di bawah pohon cemara.

Wisata ini juga mudah diakses, karena hanya berjarak 25 km dari pusat kota dan dapat ditempuh dengan waktu 20-30 menit saja menggunakan motor.

4. Bukit Tinggi Daramista

Wisata Bukit Tinggi Daramista merupakan salah satu wisata yang tergolong wisata baru di Sumenep. Bukit ini biasanya ramai oleh wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

Tak hanya memiliki panorama yang memukau, wisata ini juga memiliki spot foto yang sangat menarik. Anda dapat berlama-lama di tempat ini karena udara nya yang sejuk juga fasilitas yang memadai.

5. Pantai Slopeng

Jika Anda ingin berwisata bersama keluarga dan anak-anak, tempat ini cocok untuk Anda kunjungi. Pantai Slopeng merupakan pantai yang tepat untuk anak-anak bermain dengan air, karena pantai di kawasan ini memiliki ombak yang cukup tenang. Pantai ini juga merupakan salah satu wisata favorit di akhir pekan ataupun hari libur. 

6. Pantai Sembilan

Wisata kali ini ada baiknya Anda mengunjungi Pantai Sembilan, karena pantai ini memiliki fasilitas yang sangat banyak, misalnya ATV, banana boat, juga bisa melakukan camping di sekitar pantai.

Kondisi di pantai ini juga masih asri juga alami. Cocok juga bagi Anda yang ingin menikmati sunrise di pagi hari sekaligus sunset di sore hari.

7. Gili Labak

Kehebatan Gili Labak yakni memiliki pantai yang bebas polusi, air lautnya juga berwarna jerih juga bening kebiru-biruan

Untuk yang ingin melakukan snorkeling, Anda dapat melihat areal terumbu karang yang sangat cantik.

Biaya sewa perahu ke Gili Labak ini sekitar Rp600 ribu sampai Rp800 ribu.

8. Pulau Sapeken

Pulau Sapeken ialah salah satu pulau terluar yang ada di Madura. Karena letaknya yang berada di ujung sebelah timur, maka waktu yang dapat ditempuh untuk sampai ke pulau ini tergolong cukup lama.

Ilustrasi

Meskipun demikian, Anda tidak akan bosan ketika perjalanannya, karena selama perjalanan, panorama alam yang disajikan akan memukau para pengunjung.

9. Pulau Ambuten

Di pantai ini Anda dapat menemukan areal batu karang berongga yang terkikis akibat ombak pantai, area ini sangat cocok bagi Anda yang sangat menyukai foto, karena hasilnya akan sangat eksotis.

Berbeda dengan pantai-pantai di Sumenep,pantai ini memiliki pasir berwarna coklat kemerahan. Selain itu, ombak di sini cukup tinggi.

10. Bukit Kapur Kombang

Area ini memiliki bukit kapur yang berundak, dulunya area ini merupakan tempat pertambangan. Namun karena sudah tidak produktif lagi, maka warga setempat menjadikannya kawasan pariwisata yang terbuka untuk umum.

Jika dilihat dari jauh, Bukit Kapur Kombang ini bak bangunan kastil di Benua Eropa.

 

11. Kepulauan Masalembu

Kepulauan Masalembu merupakan kepulauan yang berada di tiga area, yakni Pulau Masalembu, Pulau Masakambing dan Pulau Keramaian.

Pulau ini memiliki terumbu karang, telu, rumput laut, pesisir litoral dan area umbalan. Di pulau ini, merupakan salah satu penopang sumber daya ikan dan non ikan di Madura.

12. Pulau Mamburit

Apakah Anda warga Jawa Timur dan ingin mengunjungi Lombok? Kali ini, Anda tak perlu khawatir, karena Madura juga memiliki keindahan alam bawah laut yang tidak kalah dengan Lombok ataupun Bunaken.

Hamparan pasir putih juga air lautnya yang sangat jernih, juga terumbu karang yang begitu asri cocok bagi Anda yang ingin melakukan diving atau snorkeling.

13. Museum Keraton Sumenep

Museum keraton yang beralamat di jalan Dr. Sutomo nomor 6, Lingkungan Delama, Pajalangan, Sumenep ini bisa menjadi tempat rekreasi Anda dan juga keluarga, juga bisa meningkatkan wawasan edukasi.

Museum ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai pukul 15.30 WIB.

14. Pantai Badur

Pantai terakhir yang dapat Anda kunjungi di Sumenep ialah Pantai Badur. Pantai ini terletak di Desa Batu Putih, Kabupaten Sumenep. Pantai ini juga masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan karena belum terlalu terkenal. Cocok bagi Anda yang ingin healing atau quality time dengan orang-orang tercinta.

15. Air Terjun Durbugan

Tempat wisata yang terakhir berupa air terjun, kawasan ini memiliki suasana asri dan menyejukkan. Tempat ini cocok sebagai tempat untuk bersandar menyegarkan tubuh akibat penat dengan aktivitas sepekan.

Anda juga akan betah berlama-lama di sini karena keindahannya yang ingin selalu membuat kamu berfoto-foto ria.


Sumber : okezone

0 comments: