Aset Afghanistan Tidak Disimpan di Bank Sentral, Aset yang di AS Tidak Akan Diberikan ke Taliban

Senin, Agustus 16, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Bank Sentral Afghanistan (Foto: Khaama Press)


AFGHANISTAN - Runtuhnya pemerintah Afghanistan pada Minggu (15/8) telah menimbulkan pertanyaan tentang aset yang dipegang oleh bank sentral Afghanistan, Da Afghanistan Bank, dan apakah aset-aset ini bisa berakhir di tangan Taliban.

Namun, "sebagian besar" aset bank tidak disimpan di Afghanistan. Hal ini diungkapkan seorang pejabat AS yang mengetahui masalah tersebut kepada CNN.

Secara terpisah, seorang pejabat pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan pada Minggu (15/8) bahwa aset apa pun yang dimiliki pemerintah Afghanistan di AS tidak akan diberikan kepada Taliban.

Sementara tidak jelas berapa banyak uang yang disimpan dalam cadangan di Da Afghanistan Bank, namun pemerintah AS telah membantah beberapa kritikus yang percaya bahwa Taliban akan memiliki akses ke uang itu.

Diketahui, Taliban berhasll menerobos masuk ke Istana kepresidenan di Kabul. Istana Itu dikosongkan hanya beberapa jam yang lalu oleh pejabat pemerintah, termasuk mantan Presiden Ashraf Ghani yang telah meninggalkan negara itu.

Juru bicara Taliban Sohail Shaheen kepada Nic Robertson dari CNN dalam sebuah wawancara video pada Minggu (15/8) mengatakan pemerintah baru Taliban akan mencakup warga Afghanistan non-Taliban.

 Ketika ditanya apakah pemerintah baru Taliban akan memasukkan anggota dari bekas pemerintah Afghanistan, Shaheen, yang berbicara dari Doha, mengatakan akan "prematur" sekarang untuk menyebutkan siapa para pejabat itu, tetapi dia mengatakan bahwa mereka mencoba untuk memiliki beberapa " tokoh terkenal” untuk menjadi bagian dari pemerintah.


Sumber : okezone.com

0 comments: