China menuduh Taiwan 'bermain dengan api' setelah pertemuan Penjaga Pantai dengan AS

Jumat, Agustus 13, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Taiwan, AS membahas penangkapan ikan ilegal, operasi penyelamatan bersama selama pertemuan kerja sama Penjaga Pantai

Kapal Penjaga Pantai Taiwan ambil bagian dalam operasi pencarian dan penyelamatan. (foto AP)

TAIPEI — Kantor Urusan Taiwan (TAO) Beijing pada Rabu (11 Agustus) mengatakan bahwa China menentang segala bentuk hubungan militer antara AS dan Taiwan dan bahwa Taipei akan dihukum karena terlibat dengan Washington.

Komentar kantor itu sebagai tanggapan atas laporan bahwa kapal Penjaga Pantai Taiwan dan Amerika melakukan patroli bersama di lepas pantai timur Taiwan. TAO mengatakan telah "mencatat laporan yang relevan" dan bahwa otoritas Partai Progresif Demokratik pasti akan menderita konsekuensi dari "bermain dengan api," lapor CNA.

Pemerintah Taiwan telah membantah bahwa patroli seperti itu pernah terjadi, meskipun dikatakan bahwa kedua negara memang mengadakan pertemuan kerja sama Penjaga Pantai perdana secara virtual pada hari Rabu. Mereka membahas penangkapan ikan ilegal dan operasi penyelamatan bersama untuk pertama kalinya sejak menandatangani perjanjian Penjaga Pantai pada Maret. Kementerian Luar Negeri Taiwan tidak secara khusus menyebut China tetapi merujuk pada penangkapan ikan “Ilegal, Tidak Dilaporkan, dan Tidak Diatur” dan kerja sama bilateral dalam misi penyelamatan.

Kedua negara sepakat untuk mengadakan pertemuan yang lebih teratur dalam rangka membahas isu-isu yang menjadi kepentingan bersama dan untuk memperkuat kemampuan mereka dalam menjawab tantangan maritim.


Sumber : Taiwan news

0 comments: