F1 GP Jepang 2021 Dibatalkan, Honda Kecewa Berat

Kamis, Agustus 19, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

F1 GP Jepang 2021 seharusnya digelar di Sirkuit Suzuka. (Foto/F1)


TOKYO – Formula One (F1) Jepang 2021 telah resmi dibatalkan. Pembatalan tersebut membuat perusahaan otomotif asal Jepang, Honda kecewa berat karena balapan tersebut kemungkinan menjadi yang terakhir bagi Honda sebelum menarik diri dari F1.

Sebelumnya, F1 GP Jepang akan dilaksanakan pada 10 Oktober 2021 mendatang di Sirkuit Suzuka, Jepang. Namun, karena kasus pandemi Covid-19 yang diluar kendali, otoritas Negeri Sakura dan Federasi Otomotif Internasional (FIA) memutuskan untuk membatalkan balapan tersebut diselenggarakan di Jepang.

Foto/Reuters

Dalam sebuah pernyataan resmi, Honda mengatakan sangat kecewa dengan adanya pembatalan tersebut. Namun begitu, Honda tetap mengapresiasi usaha maksimal yang telah dilakukan oleh FIA dan otoritas Jepang.

Baca juga: Resmi! F1 GP Jepang 2021 Dibatalkan

“Sangat disayangkan, untuk tahun kedua berturut-turut, tidak mungkin menggelar F1 GP Jepang di (Sirkuit) Suzuka,” tulis Honda dilansir dari Crash, Kamis (19/8/2021).

Baca juga: F1 2021, Verstappen Diyakini Kejar Lewis Hamilton dalam Perebutan Gelar Juara

“Sebagai Honda, kami sangat kecewa, karena ini adalah tahun terakhir dari proyek Formula 1 kami dan kami tahu bahwa begitu banyak penggemar yang menantikan untuk menghadiri acara tersebut,” sambungnya.


“Terakhir, sebagai sponsor utama acara ini, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Mobilityland (sponsor Sirkuit Suzuka) dan Formula 1 yang telah bekerja sangat keras hingga saat-saat terakhir, untuk mencoba dan menggelar Grand Prix,” tambahnya.

Foto/Reuters

Sekadar informasi, Honda merupakan pabrikan otomotif asal Jepang yang memasok mesin untuk tim Red Bull Racing dan AlphaTauri. Terlebih, Honda juga berperan besar dalam enam kemenangan (Max Verstappen dan Sergio Perez) Red Bull Racing di musim F1 GP 2021.

Selain itu, pembalap AlphaTauri asal Jepang, Yuki Tsunoda juga gagal tampil di depan pendukungnya sendiri setelah terakhir kali pebalap tim Sauber, Kamui Kobayashi berlaga di Sirkuit Suzuka pada tahun 2014.




Sumber : okezone.com

0 comments: