HUT RI ke-76, Simak Tradisi Unik Rayakan Hari Kemerdekaan di Berbagai Daerah

Jumat, Agustus 13, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Foto : Dok Okezone


Memasuki bulan Agustus di setiap tahunnya, sudah pasti menjadi suatu momen spesial bagi masyarakat Indonesia. Bukan tanpa alasan, momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ini selalu dimeriahkan dengan berbagai tradisi yang berbeda-beda di seluruh penjuru negeri.

Selain upacara bendera, beragam kelompok masyarakat memiliki caranya tersendiri untuk merayakan hari kemerdekaan. Mulai dari dekorasi lingkungan sekitar dengan pernak-pernik kemerdekaan, hingga mengadakan berbagai lomba yang dapat menghibur masyarakat.

 Sementara di beberapa daerah, terdapat tradisi 17 Agustusan yang unik khas dengan sentuhan budaya yang kerap diadakan. Namun, pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, sebaiknya masyarakat tetap membatasi mobilitasnya dan merayakan kemerdekaan #DiRumahAja.

 Meski begitu, segala keterbatasan di tengah pandemi Covid-19 ini jangan sampai menyurutkan antusiasme dan semangat Anda untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76, ya. Sebab meski #DiRumahAja, Anda masih tetap bisa menikmati indahnya tradisi unik merayakan kemerdekaan di berbagai daerah #DiIndonesiaAja melalui sajian informasi berikut ini.

1. Lomba Sampan Layar (Batam, Kepulauan Riau)

 

(Foto: Okezone)

 

Lomba sampan layar biasanya dilaksanakan setelah upacara peringatan HUT RI di Batam. Perlombaan yang kerap identik dengan sampan berlayar warna-warni ini sudah diselenggarakan turun temurun di wilayah tepi pantai.

Permainan tradisional tersebut sejatinya merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat Melayu. Selain menambah kemeriahan peringatan HUT RI, lomba ini juga merupakan salah satu siasat agar sampan layar tidak punah.

Kini, perlombaan sampan layar telah menyerap animo masyarakat yang besar. Setiap lomba ini diadakan, pelabuhan setempat pasti akan penuh sesak dengan pengunjung yang akan menyaksikan. Tak heran, jika lomba sampan layar mampu mempererat hubungan antar masyarakat.

Selain menilik lomba sampan layar yang unik, Anda juga bisa #BeliKreatifLokal produk-produk berkualitas dari wilayah Batam, Kepulauan Riau. Daerah ini memiliki beragam kerajinan kayu, makananan ringan, hingga kain tenun Songket Riau yang dapat Anda peroleh dengan mudah secara online melalui e-commerce dan media sosial para penjualnya.

2. Pawai Jampana (Bandung, Jawa Barat)

(Foto: Instagram herdiana_10) (Foto ini diambil sebelum pandemic Covid-19)

Kemeriahan peringatan Hari Kemerdekaan RI di Bandung, Jawa Barat dilakukan melalui sebuah tradisi unik bernama Pawai Jampana. Tradisi iring-iringan ini biasa dilakukan usai masyarakat melaksanakan upacara bendera dan berbagai perlombaan.

Jampana sejatinya berarti tandu, oleh karena itu para peserta pawai ini biasanya akan membawa tandu besar. Tandu-tandu ini berisikan hasil bumi, makanan, dan hasil kerajinan masyarakat.

Adapun hasil bumi tersebut merupakan bentuk rasa syukur masyarakat terhadap kemerdekaan negara ini. Setelah tiba di lokasi, hasil bumi yang dibawa tadi akan diperebutkan dan dinikmati bersama antar peserta dan juga penonton pawai.

Pawai yang unik ini tentunya kerap menarik perhatian siapa saja yang menyaksikannya. Namun, Bandung juga memiliki berbagai produk kreatif lokal yang tak kalah menariknya, lho. Misalnya di bidang fesyen yang menawarkan berbagai jenis pakaian, sepatu, tas, hijab, dan lain-lain. Selain itu, Bandung juga tak kalah dengan kulinernya yang bisa jadi referensi oleh-oleh seperti Cireng, Seblak, Tahu Susu, dan masih banyak lagi.

3. Obor Estafet (Semarang, Jawa Tengah)

Lari obor estafet merupakan tradisi merayakan HUT RI yang dilakukan warga Semarang. Lomba ini biasanya diadakan pada malam hari dengan peserta lari yang umumnya merupakan orang dewasa.

Kegiatan ini nyatanya sudah dilakukan sejak 32 tahun lalu, lho. Obor yang menyala-nyala direpresentasikan sebagai bentuk semangat para pahlawan ketika memperjuangkan kemerdekaan. Para peserta pembawa obor akan megulurkan obor kepada rekannya dan lari bergantian hingga mencapai garis finish yang telah diitentukan.

Keunikan tradisi di Jawa Tengah sangatlah beragam, terlebih dengan kekayaan produk lokal yang dimilikinya. Jika berwisata virtual ke Semarang, tak ada salahnya jika Anda juga melihat dan #BeliKreatifLokal yang ditawarkan secara online, seperti batik, tenun troso, serta kerajinan berbahan dasar kulit sapi dan kambing.

Saat ini, semuanya dapat Anda peroleh dengan mudah secara online dan tetap berada #DiRumahAja, lho! Berbagai produk tersebut dijual melalui e-commerce terpercaya juga media sosial para pengrajn dan pelaku usaha kreatif lokal.

4. Peresean (Lombok, NTB)

(Foto: Antara) (Foto ini diambil sebelum pandemic Covid-19)

Peresean merupakan pertarungan antara dua lelaki dengan senjata tongkat rotan sampai salah seorang di antaranya dinyataan kalah. Mereka juga menggunakan perisai yang terbuat dari kulit kerbau bernama Ende.

Petarung dalam peresean biasanya disebut pepadu dan wasitnya disebut pakembar. Tradisi ini sudah dilakukan oleh masyarakat Suku Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, sejak abad ke-13.

Dahulu, tradisi ini dilakukan untuk memohon hujan. Jika salah satu petarung telah terkena sabetan rotan dan ada darah yang mengucur, maka itulah yang dilambangkan dengan hujan. Kini, paresean kerap ditampilkan setiap kali merayakan Hari Kemerdekaan RI.

Selain tradisi merayakan HUT RI yang unik, daerah ini juga punya produk kreatif lokal unik yang wajib Anda ketahui. Lombok sangat dikenal dengan kekayaan daerahnya yang berupa mutiara asli, kemudian kerajinan gerabah, kain tenun ikat, dan tenun songket.

Itulah deretan tradisi unik beberapa daerah di Indonesia dalam rangka merayakan hari kemerdekaan. Tentunya, masih banyak ragam tradisi Indonesia lainnya seperti perlombaan, upacara, hingga tarian tardisional yang sangat kental dengan sentuhan budaya, dan tentunya wajib Anda ketahui.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, menegaskan bahwa kekayaan budaya Indonesia ini sangatlah berharga. Dirinya mengimbau agar kekayaan ini dapat selalu dilestarikan dan dikembangkan agar #IndonesiaTangguhIndonesiaTumbuh, serta dapat selalu memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Pariwisata berbasis budaya dan kearifan lokal, serta adat istiadat yang dijaga kita pastikan menjadi masa depan sektor parekraf. Untuk itu perlu dijaga dan dilestarikan dalam bingkai kekinian, agar dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya di tengah pandemi,” katanya.

Selain berwisata secara virtual di masa PPKM ini, Anda juga bisa #BeliKreatifLokal secara online dari daerah yang memiliki tradisi perayaan Hari Kemerdekaan RI yang unik. Caranya mudah sekali, Anda dapat #BeliKreatifLokal melalui e-commerce terpercaya atau media sosial para pengusaha lokal di seluruh penjuru wilayah Indonesia.

Kemeriahan Hari Kemerdekaan RI tak hanya berhenti di sini, Anda juga bisa mengikuti serunya suasana 17-an melalui Kompetisi #MelodiKemerdekaan dari Pesona Indonesia, lho! Kompetisi ini digelar pada 27 Juli sampai 20 Agustus 2021 dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Caranya mudah! Anda dapat membuat video kreasi berdurasi satu menit menyanyikan salah satu dari tujuh pilihan lagu daerah #DiIndonesiaAja yang tersedia. Tak hanya bernyanyi, Anda boleh sambil menari atau bahkan bermain musik, dan mengenakan kostum serta aksesoris dari masing-masing daerah, lho!

Pastikan video berorientasi landscape, lalu unggah melalui Instagram feed Anda dan mention akun instagram @pesonaid_travel. Sertakan hashtag #MelodiKemerdekaan dan mention tiga orang temanmu pada caption. Pastikan Instagram Anda tidak di-private dan sudah follow akun Instagram @pesonaid_travel.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah serta tak ketinggalan ucapan spesial hari kemerdekaan dari Presiden Joko Widodo. Selain itu, para pemenang juga akan mendapatkan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia dan gift box dari Rumah Digital Indonesia. Video-video kreasi terbaik akan berkesempatan ditayangkan di semua media sosial Pesona Indonesia dan platform rumahdigitalindonesia.id. Menarik bukan?

Eits, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan melakukan vaksinasi Covid-19, ya! Hal itu tentunya demi menekan angka penyebaran virus Covid-19 guna mendapatkan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Patuhi protokol kesehatan 6M, yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker yang benar, menjaga jarak, menghindari keramaian, menghindari makan bersama, serta mengurangi mobilitas. Semua ini tentunya karena #InDOnesiaCARE akan kesehatan dan keselamatan diri Anda dan orang-orang yang Anda sayangi. (CM)


Sumber : okezone.com

0 comments: