Kenali Manfaat Habbatussauda untuk Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

Sabtu, Agustus 28, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Habbatussauda dikenal luas dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, jenis tanaman herbal ini diketahui memiliki banyak manfaat lain yang juga baik untuk kesehatan tubuh.

Habbatussauda (Nigella sativa) atau disebut juga jintan hitam adalah salah satu jenis tanaman subtropis dari Timur Tengah. Bijinya telah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dengan manfaat utama untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kenali Manfaat Habbatussauda untuk Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi - Alodokter

Nah, manfaat tersebut tentu sangat baik bagi Anda dan keluarga untuk menjaga kesehatan selama masa pandemi. Dengan daya tahan tubuh yang baik, Anda lebih tidak mudah terserang bakteri, jamur, parasit, dan virus.

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan
Habbatussauda mengandung beragam nutrisi, mulai dari protein, serat, zat besi, zinc, kalsium, fosfor, aneka vitamin, hingga berbagai jenis antioksidan, seperti flavonoid, thymoquinone, dan carvacrol.

Berkat kandungan nutrisinya yang sangat banyak itu, ada beragam manfaat yang dapat diperoleh dari habbatussauda, di antaranya:

Memperkuat daya tahan tubuh
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, habbatussauda bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Hal ini didukung beberapa penelitian yang membuktikan bahwa antioksidan dalam habbatussauda, seperti thymoquinone dan flavonoid, mampu memperkuat respons imun tubuh dalam melawan serangan penyakit, termasuk COVID-19.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam habbatussauda juga diketahui dapat meredakan peradangan dan menangkal efek radikal bebas pemicu beragam penyakit, seperti kanker dan penyakit degeneratif.

Selain habbatusauda, senyawa flavonoid juga terdapat di dalam tanaman meniran. Di dalam sebuah buku berjudul Tumbuhan Berkhasiat untuk Kesehatan yang diterbitkan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian menyebutkan bahwa tanaman meniran mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi sebagai imunostimulan dan mampu mengoptimalkan fungsi pertahanan tubuh.

Tanaman herbal lain yang juga dipercaya sejak lama dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah jahe. Selain itu, kandungan antioksidan di dalam jahe dapat mengatasi dan mencegah masuk angin serta memberi rasa hangat bagi tubuh.

Melawan infeksi bakteri dalam tubuh
Manfaat habbatussauda selanjutnya adalah melawan infeksi bakteri, seperti E. coli yang dapat menyebabkan diare atau P. aeruginosa penyebab pneumonia dan infeksi saluran kemih.

Meski demikian, penelitian mengenai manfaat habbatussauda untuk melawan infeksi bakteri pun masih terbatas pada uji coba di laboratorium, sehingga masih perlu diteliti lebih lanjut.

Selain kedua manfaat di atas, habbatussauda juga dipercaya memiliki beragam manfaat lain, seperti:
  • Melancarkan pencernaan
  • Menghilangkan sakit kepala
  • Meredakan gejala asma
  • Menjaga tekanan darah
  • Mengatasi kolesterol tinggi
  • Mengontrol kadar gula darah dalam tubuh
Seputar Produk Habbatussauda dan Cara Tepat Memilihnya
Produk habbatussauda tersedia dalam berbagai bentuk sediaan, seperti pil, kapsul, atau sirup. Habbatusauda juga dapat dikombinasikan dengan tanaman herbal lain, seperti meniran dan jahe.

Kombinasi tanaman herbal tersebut tentu akan memberikan khasiat yang lebih maksimal dalam meningkatkan daya tahan tubuh, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Produk habbatussauda dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran, mulai dari warung kecil, supermarket, hingga online store.



Meski menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, Anda pun perlu lebih cermat dalam memilih produk habbatussauda yang aman. Berikut ini adalah beberapa panduan dalam memilih produk habbatussauda:
  • Cek kemasan produk habbatussauda. Pastikan kemasan dalam keadaan baik dan tidak rusak, seperti sobek atau bolong.
  • Pastikan produk habbatussauda yang Anda pilih belum sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) agar teruji keamanan dan kualitasnya.
  • Bacalah tanggal kedaluwarsa dan label pada kemasan yang memuat informasi tentang kandungan di dalam produk habbatussauda sebelum membelinya.
  • Jika produk habbatussauda tidak memiliki label komposisi atau Anda merasa ragu, sebaiknya jangan beli produk tersebut.
Meski demikian, untuk menjaga kesehatan tubuh dengan optimal, terutama di masa pandemi COVID-19 ini, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, beristirahat yang cukup, mengurangi stres, dan tentunya menjalankan protokol kesehatan.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat habbatussauda untuk kesehatan atau ingin tahu pola makan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Sumber : alodokter

0 comments: