Menelusuri Cerita Mistis Kolam Renang Singandaru Serang

Rabu, Agustus 18, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Kolam renang Singandaru di Kelurahan Serang konon jadi tempat paling angker dan mistis di tengah Kota Serang. Dari lokasi itu cerita horor muncul dari mulut ke mulut hingga sering dijadikan tempat 'uka-uka' baik stasiun televisi maupun youtuber jaman sekarang.

 

Cerita warga setempat, kolam renang Singandaru didirikan sekitar tahun 1975. Dibangun karena ada penyelenggaraan Pekan Olah Raga Mahasiswa yang diselenggarakan di Kota Serang oleh TNI. Selesai penyelenggaraan, kolam renang dijadikan tempat rekreasi air pertama di tengah kota.

 

"Bisa jadi yang pertama, dulu ada dua kolam, satu utama dan satu anak-anak, waktu itu di sini memang belum ada kolam renang sama sekali," kata Tubagus Haeroni tokoh masyarakat setempat bercerita, Minggu

 

Kolam renang dibangun di tanah milik TNI yang sebelumnya belantara hutan. Pengelola mengambil sumber air di Kampung Cipanas yang lokasinya agak berjauhan. Karena masalah manajemen, kolam renang ditutup di rentang tahun 90-2000an dan terbengkalai hingga sekarang.

 

Karena tidak dikelola itu lantas cerita mistis dan angker bermunculan di tengah masyarakat dan dikaitkan dengan informasi pengunjung yang sering tewas saat berenang. Ditambah, lokasi itu malah dijadikan tempat uka-uka sehingga menambah kental suasana angker.

 

"Dulu di situ memang pernah ada yang meninggal, orang dari Benggala. Itu ditutup mungkin karena alasan komersil karena kurang pemeliharaan," katanya.

 

Usto selaku ketua RW setempat cerita, alasan penutupan kolam renang bukan karena seringnya makan korban jiwa. Sumber air menurutnya jadi masalah yang mudah buat mata perih dan merah.

 

Tapi, ia akui memang ada cerita mistis misalkan yang dialami salah satu warganya. Saat itu, sisa papan loncatan kolam renang diambil dan dibawa ke rumah. Akibatnya, hal aneh bermunculan yang dianggap gangguan makhluk halus.

 

"Ujung-ujungnya digangguin, dari mulai hordeng ngebuka sendiri, ditutup ngebuka lagi, ditutup ngebuka lagi. Akhirnya datang ke saya, cari ustaz dia ngaku ngambil papan terus minta dikembaliin papannya ke kolem renang," ceritanya.

 

Warga setempat pun mengakui kolam renang terbengkalai itu seram dan angker. Salah satunya cerita soal lampu kelurahan yang tiba-tiba padam saat ada kegiatan malam. Padahal waktu itu lampu di tempat lain normal.

 

"Iya angker, pernah dulu kejadian aneh di kelurahan malam-malam lampu pada mati semua, padahal normal. Nggak ada pemadaman listrik juga,"kata salah satu petugas Kelurahan Serang.

 

Kolam renang yang konon angker ini memang berdiri di samping kantor Kelurahan Serang. Kondisi bangunan terbengkalai ditambah rerumputan liar. Ada gerbang baik dari depan dan belakang kantor kelurahan namun sengaja ditutup karena berbagai alasan.

 

Sumber : News.detik.com

0 comments: