Mengenal Jamang Sangsang, Pakaian Khas Suku Badui yang Dipakai Presiden Jokowi

Senin, Agustus 16, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Presiden Jokowi. (Foto: Youtube)


PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) memang kerap mengenakan baju daerah, kala hadir di Sidang Tahunan MPR jelang Peringatan Kemerdekaan RI yang ke-76. Kali ini, dia menggunakan baju tradisional khas suku Badui, Banten yang disebut dengan Jamang Sangsang.

Seperti kebanyakan baju adat lainnya, busana tradisional Jamang Sangsang ini juga punya keunikan yang menjadi ciri khasnya. Mengutip Indonesiakaya, Senin (16/8/2021) baju adat suku Badui ini hadir dengan warna dan desain yang sederhana.

Biasanya, pakaian ini didominasi dengan warna hitam dan putih dan dibuat dari material bahan alami, yang ada di alam sekitar serta tidak boleh dijahit menggunakan mesin dalam pembuatannya.

Presiden Jokowi

Sementara untuk warna sendiri, ada perbedaan untuk warna Jamang Sangsang dari suku Badui Dalam dan suku Badui Luar. Sebab warna putih digunakan pada baju Jamang Sangsang suku Badui Dalam, untuk melambangkan tata kehidupan suku Badui Dalam yang suci dan tidak terpengaruh budaya luar.

Sementara warna hitam atau biru tua yang gelap, diperuntukkan untuk suku Badui Luar yang memang sudah terbuka dengan budaya luar. Ditambah dengan pengaplikasian kantung dan kancing pada desain busana.

Busana Jaman Sangsang tampil dengan cutting lengan panjang dan berlubang di bagian leher sampai dada tanpa pemakaian kerah, kancing dan kantung.

Atasan ini kemudian dipadukan bersama bawahan yakni kain berwarna biru kehitaman yang dililitkan di bagian pinggang atau disebut dengan nama Samping Aros yang dikencangkan dengan bantuan selembar kain selendang kecil yang difungsikan sebagai ikat pinggang, Beubeur.

Presiden Jokowi

Tapi bisa dilihat, baju Jamang Sangsang warna hitam yang dikenakan Presiden Jokowi di sini adalah yang versi suku Baduy Luar. Sebab karena selain warnanya hitam, ada juga lima kancing bulat di bagian depannya.

Sedangkan untuk bawahan, Presiden Jokowi memadukannya dengan celana panjang hitam serta Telekung, yakni kain ikat kepala warna biru tua bermotif Batik yang digunakan sebagai penutup kepala.




Sumber : okezone.com

0 comments: