Mengenal Pakaian Adat Maluku yang Pernah Dipakai Presiden Jokowi

Jumat, Agustus 13, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Pakaian Adat Maluku pernah dipakai Presiden Jokowi (Foto : Antara)



PAKAIAN Adat Maluku menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia. Setiak daerah di Indonesia memang memiliki aneka ragam kekayaan budaya, termasuk pakaian adat

Kali ini kita akan berkunjung ke Maluku, yang memiliki baju Cele sebagai salah satu pakaian adatnya. Mengutip Celebes, Selasa (10/8/2021) busana Cele ini biasanya bisa terlihat dikenakan pada momen-momen upacara adat yang penting dan besar bersifat spesial. Contohnya gelaran acara panas pela, acara cuci negeri, acara pesta negeri, dan pelantikan raja.

Pakaian Adat Maluku

(Foto: Pakaian Adat Maluku/IG @amberstoree)

Untuk tampilan keseluruhan, Cele biasanya dipasangkan bersama kain sarung yang senada dengan baju Cele itu sendiri. Maka dari itu, sarung yang digunakan warnanya tidak boleh terlalu jauh berbeda warnanya. Dikutip dari Boombastis, baju Cele hadir dengan motif aris-garis yang seakan membentuk kotak-kotak kecil sebagai ciri khas.

Bagi kaum Hawa, setelan baju Cele terdiri atas kebaya putih, kain sarung, konde, hiasan kepala, dan selop lalu disempurnakan dengan dengan kain lenso yang dikalungkan di leher dan menjuntai di dada dengan bentuk huruf V. Untuk headpiece atau hiasan kepala disematkan empat piece kak kupik ditambah bunga ron yang berbentuk melingkar tepat di atas sanggul bulan, sanggul yang diperkuat dengan tusukan konde dari emas atau perak (aspel) dan sisir konde di bagian tengah konde.

Sedangkan untuk baju Cele pria, terdiri dari setelan kemeja putih yang kerahnya melingkar, celana kain berwarna putih atau hitam, sabuk yang berbahan dasar kain salele, luaran jas warna merah dengan motif perak atau pun emas yang merupakan signature dari tampilan baju Cele. Kemudian disempurnakan dengan alas kaki formal, sepatu pantofel hitam yang resmi.

Pakaian Adat Maluku

(Pakaian Adat Maluku, Foto: Antara)

Baju Cele ini sendiri pernah dikenakan oleh Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Maluku pada 2017 loh! Saat itu Presiden Joko Widodo menerima gelar adat kehormatan Upu Kalatia Kenalean Da Ntul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku dari rakyat di Maluku.

Namun khusus Presiden Jokowi kala itu, diketahui baju Cele yang dipakai adalah tipe busana Cele lebih spesial karena tipe yang biasanya dipakai raja-raja Maluku. Lengkap dengan jubah kebesaran, kain bahu, kain ikat pinggang, mahkota, serta tongkat kehormatan yang mana tampilan keseluruhan ini memang sedikit banyak berbeda dengan yang dipakai orang awam.





Sumber : okezone.com

0 comments: