Pantai Gading Diserang Virus Ebola, Warga Berbondong-bondong Vaksin

Rabu, Agustus 18, 2021 Majalah Holiday 0 Comments




     Badan Kesehatan PBB mengatakan bahwa virus Ebola yang mematikan telah terdeteksi di Pantai Gading, Afrika Barat pada Selasa 17 Agustus 2021.

Juru bicara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tarik Jasarevic mengatakan bahwa pada hari Senin, telah ada satu kasus yang dikonfirmasi dan satu kasus yang dicurigai, serta sembilan kontak erat yang diidentifikasi sejauh ini. Tidak ada kematian yang dilaporkan.

Melihat kasus ini, WHO merasa sangat prihatin tentang virus yang menyebar di pusat ekonomi negara Afrika Barat, Abidjan.

Ebola yang ditularkan melalui kontak dekat dengan cairan tubuh, dapat menyebabkan demam parah. Dalam situasi terburuk, pendarahan tak terbendung, seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (18/8/2021).

Kasus yang dikonfirmasi telah diidentifikasi adalah seorang anak berusia 18 tahun dari Guinea yang melakukan perjalanan dengan bus dan tiba di Abidjan pada 11 Agustus.

Ketika dia meninggalkan Guinea, dia sudah menunjukkan gejala yang terus meningkat. Dia mengalami gejala demam dan saat ini sudah dirawat di rumah sakit sejak 12 Agustus.

"Penyelidikan awal dan pengurutan genom untuk mengidentifikasi jenis virus menunjukkan bahwa itu kemungkinan jenis virus Zaire,”"kata Jasarevic kepada AFP. 

"Penyelidikan lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hasil awal ini," tambahnya.

Sumber :Liputan6

0 comments: