Pentingnya Tidur Nyenyak di Malam Hari, Begini Tipsnya!

Selasa, Agustus 24, 2021 Majalah Holiday 0 Comments





Ilustrasi (Foto : Shutterstock)


MENJAGA tubuh tetap sehat di masa pandemi sekarang ini sangatlah penting. Selain berolahraga, makan teratur dan vitamin yang cukup, tidur juga merupakan salah satu penentu tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Tidur nyenyak bisa dikategorikan sebagai tidur yang ideal. Orang yang kurang tidur mengalami gangguan saat menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Dilansir dari situs Kementerian Kesehatan RI, orang dewasa dengan usia 18 – 40 tahun membutuhkan waktu tidur selama 7 – 8 jam per hari.

Untuk dapat tidur lebih nyenyak dan berkualitas, berikut ini beberapa tips dari Healthline yang bisa Anda terapkan:

Kurangi Paparan Cahaya di Malam Hari

Tidur Nyenyak

Paparan sinar matahari di siang hari memang bermanfaat bagi kualitas tidur di malam hari, tapi paparan cahaya di malam hari justru akan memperburuk kualitas tidur Anda. Terutama sinar yang terpancar melalui perangkat elektronik seperti handphone dan komputer.

Hindari Kafein di Sore hari

Konsumsi kafein dengan dosis yang pas tentu akan meningkatkan fokus. Tapi jika kafein itu dikonsumsi setelah jam 3 – 4 sore, kafein justru akan merangsang sistem saraf yang dapat menghentikan tubuh berelaksasi secara alami.

Jangan Makan Larut Malam

Makan di saat larut malam berdampak negatif pada kualitas tidur. Dalam sebuah penelitian, makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi dan dimakan 4 jam sebelum tidur akan membantu Anda tertidur lebih cepat.

Optimalkan Kondisi kamar Tidur

Kamar tidur yang nyaman akan berdampak positif pada kualitas tidur. Anda akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak jika kamar diatur dengan baik, seperti suhu, tingkat kebisingan, cahaya lampu dan penempatan furnitur.

Jika kamar sulit dioptimalkan tapi Anda ingin merasakan tidur yang nyenyak di tempat yang nyaman, Anda bisa merencanakan staycation di hotel idaman mulai sekarang.


Sumber : okezone.com

0 comments: