Perundingan Damai Afghanistan di Qatar Serukan Gencatan Senjata Taliban

Sabtu, Agustus 14, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

 


     Perwakilan negara-negara yang berpartisipasi dalam pertemuan internasional di Doha, Qatar yang membahas tentang situasi di Afghanistan, meminta pihak-pihak yang bertikai di negara itu untuk mempercepat proses perdamaian.

Dikutip dari laman Xinhuanet, Jumat (13/8/2021) pertemuan itu juga menyerukan penyelesaian politik dan gencatan senjata komprehensif secepat mungkin, serta menekankan penolakan mereka terhadap pemerintah yang dipaksakan.

Atas undangan Qatar, utusan khusus dan perwakilan dari China, Rusia, Pakistan, Amerika Serikat dan PBB, serta negara-negara regional dan organisasi internasional lainnya, telah berkumpul di Doha sejak 10 Agustus 2021 untuk mengadakan pembicaraan mengenai situasi di Afganistan.

Pernyataan bersama yang dikeluarkan pada sesi terakhir pertemuan itu, memperjelas bahwa para peserta telah sepakat tentang perlunya mempercepat proses perdamaian sebagai hal yang sangat mendesak dan kunci untuk merundingkan proposal-proposal konkret antara pemerintah Afghanistan dan Taliban.

Negara-negara representatif itu juga menyatakan tidak akan mengakui pemerintah di Afghanistan yang dipaksakan dan sangat prihatin dengan kekerasan yang sedang berlangsung, menyebabkan sejumlah besar korban sipil, tuduhan pelanggaran hak asasi manusia, dan perusakan infrastruktur, yang memperpanjang konflik dan membuat upaya rekonsiliasi lebih sulit.

Sumber :Liputan6

0 comments: