Polisi Taipei merencanakan kontrol lalu lintas di Yangmingshan menjelang hujan meteor

Jumat, Agustus 13, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Hujan meteor Perseid akan terlihat di seluruh Taiwan, memuncak antara jam 9 malam dan 4 pagi

Hujan meteor Perseid. (Foto Museum Astronomi Tapei)

TAIPEI — Untuk mengantisipasi para pengamat bintang yang ingin melihat hujan meteor Perseid pada hari Kamis (12 Agustus), Departemen Kepolisian Kota Taipei mengumumkan rencana pengendalian lalu lintas di beberapa lokasi di Yangmingshan.

Menurut Museum Astronomi Taipei, hujan meteor akan dapat dilihat dengan mata telanjang di lokasi yang jauh dari polusi cahaya. Sebagai hotspot pengamatan bintang, Yangmingshan cenderung menarik banyak pengamat bintang untuk acara astronomi.

Divisi Lalu Lintas Departemen Kepolisian Kota Taipei mengatakan pihaknya berencana untuk menerapkan langkah-langkah pengendalian lalu lintas di lokasi-lokasi seperti Yangde Boulevard, persimpangan di sepanjang Jalan Zhicheng, Qingtiangang, dan Lengshuikeng.

Waktu yang disarankan untuk melihat hujan meteor Perseid di Taiwan jatuh antara Kamis dan Jumat pagi. Dari sekitar pukul 3 pagi hingga 4 pagi, tarif per jam zenithal (ZHR) dapat mencapai 100.


Hujan diperkirakan turun di Taiwan tengah dan selatan Kamis malam karena angin bertiup dari barat daya, lapor Biro Cuaca Pusat (CWB). Hal ini dapat mempengaruhi kejernihan langit untuk melihat hujan meteor.

Perseid terdiri dari puing-puing yang jatuh dari komet Swift-Tuttle, yang memiliki orbit 133 tahun dan terakhir mendekati Bumi pada 1992. Tahun ini, hujan meteor dimulai pertengahan Juli dan akan berakhir pada 24 Agustus.

Museum Astronomi Taipei juga akan menyiarkan langsung hujan meteor di saluran YouTube-nya.

Sumber : Taiwan news

0 comments: