Sederet Fakta Menarik Kawah Sikidang, Konon Bisa Berpindah Tempat

Jumat, Agustus 13, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Kawah Sikidang di Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah (Foto: Instagram/@nanang_a_e)



KAWAH SIKIDANG merupakan salah satu objek wisata unggulan di Dieng, Jawa Tengah yang mudah dicapai dan dinikmati ketimbang kawah-kawah lainnya. Kawah ini terbentuk akibat letusan Gunung Prau.

Kendati masih aktif, kawah yang berada di Desa Bakul, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi jawa tengah ini masih termasuk kategori aman karena kadar belerangnya rendah.

Kawah Sikidang menjadi kawah terbesar di Dieng. Hanya dengan tiket masuk Rp15.000 saja, Anda dapat menikmati panorama Kawah Sikidang. Nah, penasaran keunikan apa saja yang dimiliki Kawah Sikidang? Simak ulasannya berikut ini.

Bisa berpindah tempat

Dikutip Okezone dari akun Instagram @gotravelpoint, Kawah Sikidang terbentuk dari letusan gunung berapi di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Kawah ini sangat fenomenal pada waktu tertentu.

Selain karena keindahannya, Kawah Sikidang terkenal karena fenomena kolam kawahnya yang dapat berpindah-pindah atau melompat dalam satu area yang luas. Rata-rata sekali dalam 4 tahun, kawah utama akan berpindah atau seolah-olah melompat dalam satu kawasan seperti karakter hewan kijan yang suka melompat-lompat.

Sehingga banyak pengunjung yang penasaran dan menyaksikan fenomena unik tersebut. Selain itu, aktivitas vulkanik bisa dengan mudah disaksikan karena berada di tanah yang datar.

Kawah Sikidang

(Kawah SIkidang, Foto: Instagram/@faniramadhani7)

Dipakai merebus telur

Keunikan lain yang berada di kawah ini ialah terdapat kawah-kawah kecil di sekitar kawah utama yang airnya selalu mendidih. Air mendidih tersebut kerap dimanfaatkan untuk merebus telur yang bisa pengunjung dapatkan dari pedagang telur yang membanjiri kawasan kawah itu.

Anak berambut gimbal

Di kawasan Kawah Sikidang, Anda dapat menemui anak-anak berambut gimbal ciri khas orang Dieng. Pengunjung diperbolehkan berfoto dengan anak gimbal ini dengan memberikan sesuatu yang mereka sukai tentunya. Anak gimbal sudah menjadi ikon unik tersendiri di Dieng, sehingga sayang melewatkan momen bersama mereka.

Spot instagramable

Kawah Sikidang banyak terdapat spot instagramable yang menyuguhkan keindahan alam. Salah satu yang unik dan paling banyak diserbu ialah berfoto dengan burung hantu.

Jembatan Kawah Sikidang

(Kawah Sikidang, Foto: Instagram/@olfatsky)

Bernuansa Korea

Kawah Sikidang menyediakan wahana baru berupa Jembatan Khayangan yang memiliki panjang hingga satu kilometer. Jembatan tersebut membentang mulai dari pintu masuk, lokasi kawah, hingga pintu keluar. Jembatan ini seolah bernuansa ala Korea karena banyaknya asap kawah yang menghiasi jembatan.


Sumber : okezone.com

0 comments: