Suntikan Medigen Taiwan 'nyaris tidak terasa' karena jarum 'ultra-tipis'

Rabu, Agustus 25, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Politisi mengatakan penerima melaporkan 'tidak ada rasa sakit sama sekali' dari jarum 'ultra-tipis' 25-gauge Medigen

Dosis vaksin Medigen dalam jarum suntik sekali pakai. (Facebook, foto Wang Hao-yu)

TAIPEI — Seorang politisi Taiwan pada Senin (23 Agustus) mengemukakan alasan mengapa banyak penerima vaksin Medigen buatan dalam negeri Taiwan tidak merasakan banyak rasa sakit selama penyuntikan adalah karena jarum yang digunakan untuk memberikan suntikan itu "sangat tipis."

Ketika Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (蔡英文) menjadi orang pertama yang menerima suntikan Medigen pada Senin pagi, dia mengatakan bahwa dia "tidak merasakan apa-apa." Dalam sebuah posting Facebook yang diunggah malam itu, Mantan Anggota Dewan Kota Taoyuan Wang Hao-yu (王浩宇) menyarankan bahwa pengalaman Tsai bisa jadi akibat dari jarum ekstra tipis yang digunakan.

Dalam postingannya, Wang menulis bahwa banyak dari teman-temannya juga melaporkan "hampir tidak merasakan" vaksinasi dan "tidak merasakan sakit sama sekali" dari suntikan dan bahkan berpikir bahwa itu sudah selesai sebelum proses inokulasi selesai. Wang menyarankan bahwa ini karena dosis Medigen diberikan dengan jarum "ultra-tipis" ukuran 25.

Dia menulis bahwa diameter luar jarum hanya 0,02 inci dengan diameter dalam 0,009 inci. Wang mengatakan bahwa ini memungkinkan vaksin untuk disuntikkan ke otot sambil menimbulkan kerusakan minimal pada jaringan tubuh dan menyebabkan sedikit rasa sakit.

Wang menunjukkan bahwa dosis Medigen sedang dikemas dalam jarum suntik sekali pakai. Dimasukkannya vaksin ke dalam jarum suntik sekali pakai menghilangkan kemungkinan kontaminasi dari kemasan terpisah, dan tidak ada masalah dengan sisa vaksin.


Dia juga mencatat bahwa dari 24.000 vaksinasi di Taoyuan pada hari Senin, hanya ada tiga dugaan reaksi merugikan. Wang mengamati bahwa proporsi reaksi merugikan ini jauh lebih rendah daripada tingkat yang terlihat pada AstraZeneca dan Moderna.

Misalnya, dia mengatakan bahwa hanya 0,7% orang yang menerima vaksin Medigen dalam uji klinis dilaporkan mengalami demam. Ini sangat dekat dengan 0,4% orang yang melaporkan demam setelah menerima plasebo salin.

Wang menyimpulkan bahwa kemungkinan terkena demam dan sakit kepala setelah menerima suntikan Medigen tidak terlalu tinggi. Ia menegaskan, efek samping dari vaksin buatan Taiwan itu paling sedikit di antara vaksin yang saat ini digunakan di negara tersebut.

Sumber : Taiwan news

0 comments: