Taiwan mengatakan China ingin 'meniru' Taliban

Senin, Agustus 23, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Teguran terbaru Menteri Luar Negeri dalam debat Taiwan dan Afghanistan yang sedang berlangsung

Pejuang Taliban mengibarkan bendera mereka saat berpatroli di Kabul, Afghanistan pada hari Kamis (19 Agustus) (AP photo)

TAIPEI — Menteri Luar Negeri Joseph Wu (吳釗燮) menuduh China pada Sabtu (21 Agustus) ingin "meniru" Taliban, dengan mengatakan Taiwan tidak ingin menjadi sasaran komunisme atau kejahatan terhadap kemanusiaan oleh China.

Pernyataan itu muncul setelah jatuhnya pemerintah Afghanistan ke Taliban memicu perdebatan mengenai apakah Taiwan akan mengalami nasib yang sama dari invasi China, menurut Reuters.

Menanggapi seruan Departemen Luar Negeri AS agar China berhenti menekan Taiwan, Wu melalui Twitter berterima kasih kepada AS karena menjunjung tinggi keinginan dan kepentingan terbaik rakyat Taiwan.

"Mereka termasuk demokrasi & kebebasan dari komunisme, otoritarianisme & kejahatan terhadap kemanusiaan," tulis Wu.



"China bermimpi untuk meniru Taliban, tetapi izinkan saya terus terang: Kami memiliki kemauan & sarana untuk membela diri," tambah Wu, tanpa merinci paralel antara kelompok Islam militan dan rezim komunis China.

Tidak ada tanggapan segera dari China, yang Kantor Urusan Taiwannya tidak menjawab panggilan untuk memberikan komentar di luar jam reguler pada hari Sabtu, menurut Reuters.

China berusaha untuk memperkuat hubungan dengan Taliban meskipun ada kekhawatiran sendiri tentang apa yang dilihat Beijing sebagai ekstremisme Islam di provinsi Xinjiang China.

Sumber : Taiwan news

0 comments: