Taliban Kuasai Afghanistan, Pemerintah Indonesia Masih Wait and See

Rabu, Agustus 25, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Warga Afghanistan berkumpul dekat bandara di Kabul. (AFP via VOA)


Pemerintah Indonesia hingga saat ini masih belum menentukan sikap terhadap Afghanistan usai kelompok Taliban menguasai negara tersebut. Saat ini Pemerintah Indonesia masih mencermati kondisi perkembangan di sana.

“Sifatnya masih mencermati perkembangan dinamis di sana,” kata Juru Bicara (Jubir) Kementerian Luar Negeri RI (Kemenlu), Teuku Faizasyah saat dihubungi, Selasa (24/8/2021).

Dia mengatakan, perkembangan di Afghanistan sangat dinamis. Namun, pemerintah terus memantaunya dari dekat.

“Intinya adalah Pemerintah terus mengikuti dari dekat perkembangan yang sangat dinamis di Afghanistan saat ini,” ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, tidak hanya Indonesia yang belum menentukan sikap. Bahkan menurutnya belum ada negara yang menentukan sikap setelah Taliban menguasai Afghanistan.

“Dari hasil amatan, belum ada negara yg memutuskan posisinya. Silahkan juga di cek,” tuturnya.

Sebelumnya di forum terpisah, Direktur Jenderal (Dirjen) Asia Pasifik dan Afrika Kemenlu Abdul Kadir Jailani mengatakan bahwa saat ini masih terlalu awal untuk menyatakan sikap terhadap pemerintahan Taliban di Afganistan. Bahkan menurutnya belum ada negara yang menyatakan secara bulat menyatakan sikapnya.

Meskipun memang beberapa negara telah menyatakan sikap bekerjasama dengan prinsip menghormati perkembangan di dalam negeri masing-masing.

“Karena kita ketahui sampai hari ini pemerintahannya belum terbentuk. Bagaimana kita mau melakukan pengakuan, pernyataan-pernyataan. Pemerintah yang ada di sana belum terbentuk jadi yang mau kita akui apa belum tahu,” ungkapnya.

Meskipun belum ada pernyataan sikap, pemerintah Indonesia telah mengambil langkah untuk mengevakuasi 33 orang dari Afghanistan yang terdiri dari 26 warga negara Indonesia (WNI) dan 7 warga negara asing (WNA). Mereka yang dievakuasi sudah tiba di Indonesia Sabtu dini hari lalu di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.


Sumber : okezone.com

0 comments: