Tradisi 1 Muharam di Berbagai Negara Belahan Dunia

Sabtu, Agustus 14, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 Hijriah. (Dok Okezone)

TANGGAL 1 Muharam adalah peristiwa ketika Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah. 1 Muharam menjadi hari pertama di kalender Hijriah dan menandakan sebagai Tahun Baru Islam. Berikut negara yang melakukan tradisi 1 Muharam.

1. Indonesia

Tradisi 1 Muharam di Indonesia dipadukan dengan budaya setempat. Di Surakarta, ritual yang dilakukan adalah kirab kerbau bule. Kerbau bule adalah hewan kesayangan Susuhunan yang dianggap keramat.

Sedangkan di Yogyakarta tradisi yang dilakukan adalah tapa bisu mengelilingi benteng keraton. Masih banyak lagi tradisi yang dilakukan di daerah untuk memperingati 1 Muharam.

2. Malaysia

Malaysia menyambut datangnya 1 Muharam dengan membaca surah Yasin dan berdoa di masjid. Ada juga warga muslim Malaysia yang mengadakan upacara di lapangan yang bertujuan sebagai tanda rasa syukur serta mengingat kembali perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW.

3. Brunei Darussalam

Warga muslim Brunei Darusslam melakukan bersih-bersih masjid untuk memperingati 1 Muharam. Saat malam tiba, lantunan doa dan zikir terdengar dari masjid yang berada di Brunei Darussalam.

4. Arab Saudi

Arab Saudi merayakan 1 Muharam dengan berdoa bersama di masjid. Setelah itu, warga akan kembali ke rumah untuk berkumpul bersama keluarga. Arab Saudi juga mempunyai tradisi minum segelas susu di pagi hari supaya tahun yang baru berjalan dengan bersih. Di siang hari akan menyantap sesuatu yang hijau agar penuh berkah. 1 Muharam di Arab Saudi ditetapkan sebagai hari libur nasional.

5. Maroko

Maroko mempunyai tradisi untuk memperingati 1 Muharam, yaitu dengan membagikan roti ke tetangga maupun saudara. Selain itu juga melakukan upacara di lapangan. Maroko menjadikan 1 Muharam sebagai hari libur nasional.

6. Mesir

Warga muslim Mesir akan menuju masjid untuk salat atau berpuasa di malam hari. Mereka juga mengunakan pakaian baru, mengunjungi keluarga dan teman, serta menghadiri festival Tahun Baru Islam yang menampilkan tarian tradisonal sufi.

7. Tunisia

Di Tunisia tidak ada perayaan khusus untuk memperingati 1 Muharam. Pada 1 Muharam, jalanan di Tunisia tampak sepi. Tunisia juga menjadikan 1 Muharam sebagai libur nasional.



Sumber : okezone.com

0 comments: