Trevoh Chalobah, Didikan Chelsea yang Bersinar di Super Eropa

Kamis, Agustus 12, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Trevoh Chalobah (kanan) tampil selama 120 menit saat Chelsea mengalahkan Villarreal di Piala Super Eropa. (Action Images via Reuters/PETER CZIBORRA)


Sukses Chelsea jadi juara Piala Super Eropa diwarnai kejutan dengan kehadiran seorang pemain muda di jantung pertahanan yaitu Trevoh Chalobah.
Chalobah di luar dugaan dipercaya oleh pelatih Thomas Tuchel bermain sejak menit pertama. Pemuda berusia 22 itu bahkan tampil selama 120 menit.

Chalobah jadi pilihan seiring belum fitnya kondisi pilar Chelsea pada musim lalu seperti Thiago Silva, Andreas Christensen, dan Cesar Azpilicueta. Dua nama terakhir baru dimasukkan Tuchel di babak kedua.



Chalobah diplot sebagai bek tengah kanan dalam formasi 3-4-2-1 yang diusung Chelsea. Chalobah bekerja sama dengan Kurt Zouma dan Antonio Rudiger dalam formasi tiga bek sejajar.


Chalobah mampu tampil solid. Berdasarkan data Squawka, pemain didikan akademi Chelsea itu melakukan 140 operan dengan persentase umpan sukses mencapai 95 persen.

Chalobah juga lima kali menang duel, membuat lima intersep, dan berhasil melakukan 5 sapuan. Hebatnya lagi, ia tidak sekalipun dilewati oleh pemain lawan sepanjang 120 menit pertandingan.

Chalobah terlihat begitu dewasa dalam bermain. Hal ini ditengarai karena jam terbangnya yang sudah cukup memadai setelah menjalani tiga kali masa pinjaman bersama Ipswich Town (2018/2019), Huddersfield Town (2019/2020), dan bersama klub Prancis Lorient pada musim lalu.

Performa bagus yang ditunjukkan Chalobah seolah jadi sinyal ia pantas bersaing memperebutkan tempat di tim utama Chelsea. Pemain yang lahir di Freetown, Sierra Leone, itu memiliki potensi untuk bersaing dengan Azpilicueta maupun bek tengah lainnya dalam sistem tiga bek sejajar Chelsea.

Chalobah masuk akademi Chelsea tahun 2007 silam. Berkat kemampuan yang dimiliki, Chalobah langganan masuk timnas Inggris sejak kelompok usia 16 sampai 21 tahun.

Pada awal musim ini Chalobah bahkan memiliki kesempatan debut di Chelsea dalam ajang Piala Super Eropa. Debut Chalobah berakhir manis karena The Blues menang lewat adu penalti 6-5 setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit di Stadion Windsor, Belfast, Irlandia Utara, Kamis (12/8) dini hari WIB.



Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: