Unik, Kreasi Batik Dari Baju hingga Pernak-Pernik Ini Cuma Ada #DiIndonesiaAja

Jumat, Agustus 20, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Foto: Instagram @Infobatik


Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang masih diperpanjang membuat beragam kegiatan dibatasi, mulai dari bekerja, bersekolah, hingga beribadah yang dianjurkan untuk dapat dilakukan #DiRumahAja. Karena melakukan lebih banyak aktivitas #DiRumahAja kerap kali membuat kita bosan, kita harus berkreasi untuk membuat ide-ide seru yang bermanfaat tentunya. Jangan khawatir, kita bisa melakukan banyak hal di luar kegiatan harian, seperti mencoba beragam busana yang terbuat dari batik.


Batik sendiri merupakan budaya khas Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Intangible Cultural Heritage (ICH) atau Warisan Budaya Tak Benda yang ditetapkan sejak 2 Oktober 2009 lalu. Batik yang hanya ada #DiIndonesiaAja ini memiliki beragam motif berbeda dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Bahkan, saat ini batik tidak melulu perihal kain lho. Adanya terobosan para pelaku ekonomi kreatif untuk mengreasikan kain batik menjadi pernak-pernik hasil kerajinan tangan, merupakan salah satu bentuk nyata jika batik telah mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Intip yuk beragam pernak-pernik dari batik yang bisa membuat gaya dan dekorasi rumah mu semakin ciamik.

1. Makin Keren dengan Baju Batik

 

 (Foto: Instagram/@loliwear)

Busana batik sering kali diidentikan dengan kemeja. Padahal, saat ini baju batik telah banyak memiliki ragamnya seperti koleksi yang dihadirkan oleh @loliwear ini, mulai dari outwear batik, baju pasangan, hingga dress pun tersedia dengan berbagai motif batik yang cantik.

Tak heran, jika sampai saat ini busana batik masih menjadi andalan di berbagai kegiatan. Meski berada di tengah pandemi, busana batik tetap bisa digunakan saat Anda melakukan rapat dari rumah. Setelah itu, bisa juga untuk melakukan foto outfit of the day. Selain mengusir kebosanan saat masa PPKM, hal ini dapat mempercantik feed di akun Instagram Anda.

Nah, jika Anda ingin mengoleksi baju batik dengan beragam motif yang Anda sukai, Anda bisa membelinya di berbagai e-commerce #BeliKreatifLokal yang ada di #IndonesiaAja. Di sana Anda bisa memilih beragam jenis motif batik cantik yang bisa Anda pakai untuk bergaya outfit of the day lho!

2. Membuat Tampilan Semakin Ciamik dengan Tas Batik

 

 (Foto: Instagram/@kinikain)

Sebagai bentuk pelestarian budaya, kain batik saat ini juga dipakai untuk memproduksi tas seperti koleksi dari salah satu brand yaitu @kinikain. Dengan tas motif batik yang sederhana ini, namun bisa memuat banyak benda tentu dapat menjadi pilihan Anda saat harus keluar rumah di masa pandemi. Tak hanya itu saja, koleksinya juga memiliki banyak warna dan bentuk variatif yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini barang yang harus dibawa semakin beragam, salah satunya hand sanitizer dan masker ganti. Selain kece dengan tas batik, jika terpaksan harus keluar rumah jangan lupa untuk tetap menerapkan 6M sebagai bentuk #InDOnesiaCARE yaitu, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan menghindari makan bersama. Tidak hanya itu saja, untuk Anda yang belum vaksin, yuk lakukan vaksinasi agar tercipta kekebalan tubuh dari ancaman virus corona demi terciptanya #IndonesiaTangguhIndonesiaTumbuh.

Jika ingin gaya Anda ciamik dengan tas batik, maka dari itu #BeliKreatifLokal secara online tas batik dengan motif yang Anda sukai ya!

3. Stylish dengan Scarf (Kerudung)

 

 (Foto: Instagram/amedyan.co)

Di masa pandemi ini, kita juga bisa mengisinya untuk mencoba mengganti gaya berpakaian. Salah satunya dengan kerudung atau scarf bermotif saat melakukan WFH maupun kuliah dari rumah melalui daring. Salah satunya dari brand lokal amedyan.co, memiliki beragam motif dan warna yang bisa disesuaikan dengan gaya Anda supaya makin stylish. Kerudung ini juga cocok untuk dijadikan sebagai scarf yang dapat memperindah penampilan Anda lho.

Nah, untuk Anda yang mau tampil cantik dengan scarf bermotif batik ini, Anda bisa membelinya secara online di berbagai e-commerce #DiIndonesiaAja ya.

4. Dekorasi Rumah

 

 (Foto: Instagram/@tarticamelia)

Untuk mengusir kejenuhan selama berada #DiRumahAja, Anda bisa menggunakan waktu luang dengan mendekor ulang rumah. Salah satunya dengan menghias rumah Anda menggunakan koleksi cantik dari @tarticamelia yang menjual beragam jenis pernak-pernik dekorasi dari batik seperti, bantal sofa, taplak meja, tempat tisu, dan masih banyak yang lainnya.

Selain dapat mengusir kebosanan, dengan mendekorasi Anda dapat merasakan sudut rumah semakin indah dan nyaman ya. Apalagi bisa melakukan kegiatan ini bersama si kecil. Makin seru deh! Pernak-pernik dekor ini tentu bisa Anda beli secara online lho!

5. Tampil Beda dengan Sandal Batik

 

 (Foto: Instagram/@liklutik)

Foto OOTD dengan tema batik dari mulai kerudung, baju, rok, tas, bahkan sampai sepatu atau sandal bisa dilakukan. Hal ini dikarenakan kain batik kini telah dimodifikasi dengan sepatu dan sandal cantik seperti koleksi yang dihadirkan oleh @liklutik yang menjual aneka jenis sandal dengan beragam warna dan motif cantik dari batik. Kreasi kain batik dengan alas kaki ini membuat Anda semakin siap saat akan kembali ke kantor dengan penampilan yang berbeda dan fresh. Berbagai model alas kaki dengan motif batik ini dapat Anda beli secara online di berbagai e-commerce yang ada #DiIndonesiaAja

6. Jaga Kesehatan dengan Masker Batik

 

 (Foto: Instagram/@galericapit)

Selama masa pandemi Covid-19, kita harus bisa menjaga kesehatan dengan disiplin protokol kesehatan. Salah satunya dengan menggunakan masker. Bahkan, saat ini telah dianjurkan untuk memakai dua masker, masker medis untuk bagian dalam dan masker kain untuk bagian luar. Agar tidak mudah bosan menggunakan masker kain, Anda dapat bergonta-ganti dengan menggunakan masker batik. Tak perlu khawatir, masker batik yang dibuat oleh Galeri Capital ini juga memiliki beragam warna dan motif batik yang bikin penampilan Anda menjadi lebih chic.

Untuk dapat mengoleksi berbagai model kain batik yang telah dipadupadankan oleh para pelaku UMKM yang hanya ada #DiIndonesiaAja ini Anda dapat #BeliKreatifLokal secara online di e-commerce atau media sosial para pelaku usaha lokal. Jadi, jangan khawatir akan bosan saat berada #DiRumahAja.

 

 (Foto: Instagram/@sandiuno)

Nah, ternyata informasi mengenai beragam jenis pernak-pernik batik ini bisa juga membawa keseruan Anda yang masih #DirumahAja ya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan, karena dengan begitu kita juga bisa mendukung para pelaku ekonomi kreatif ini agar #IndonesiaTangguhIndonesiaTumbuh meski berada di tengah pandemi.

Seperti yang dikatakan Menparekraf Sandiaga Uno, mengungkapkan adanya pandemi Covid-19 memperlihatkan betapa gigihnya masyarakat Indonesia, terutama pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi, dan berinovasi di masa pandemi Covid-19 ini. Selain itu, memperlihatkan juga betapa kuatnya potensi pasar dalam negeri di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya mendukung penuh berbagai inisiatif yang dapat memajukan brand lokal untuk terus berkembang dan menguatkan satu sama lain. Dengan terus mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi,” ujar Sandiaga Uno.

Nah, Selain dengan cara yang telah disebutkan, yuk ikutan kompetisi #MelodiKemerdekaan dari Pesona Indonesia untuk mengusir kebosanan Anda. Kompetisi ini dilaksanakan mulai 27 Juli hingga 20 Agustus 2021 dalam rangka HUT RI ke-67. Caranya juga mudah, pilih salah satu lagu daerah favorit Anda, lalu agar semakin seru dan menarik Anda bisa sambil menari dan bermain musik. Bisa juga dengan menggunakan kostum atau aksesoris khas daerah dari lagu yang Anda pilih agar semakin meriah!

Jangan lupa untuk mention akun Instagram @pesonaid_travel dan sertakan hashtag #MelodiKemerdekaan pada caption. Jangan lupa untuk follow akun Instagram @pesonaid_travel juga ya!

Para pemenang juga akan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah serta tak ketinggalan ucapan spesial hari kemerdekaan dari Presiden Joko Widodo. Selain itu, para pemenang juga akan mendapatkan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia dan gift box dari Rumah Digital Indonesia. Video-video kreasi terbaik akan ditayangkan di semua media sosial Pesona Indonesia dan platform rumahdigitalindonesia.id. Yuk, buruan ikut, jangan sampai ketinggalan! (CM)


Sumber : okezone.com

0 comments: