Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP, CEO Dorna Sports: Dia Tak Tergantikan

Kamis, Agustus 26, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Valentino Rossi unik di antara para legenda MotoGP lainnya (Foto: MotoGP)


MADRID - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, pensiun pada akhir musim 2021 setelah 26 tahun berkarier. Rossi pun mendapatkan pujian dari CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

Sebagaimana diketahui, Rossi adalah ikon MotoGP dalam dua dekade terakhir. Pensiunnya Rossi otomatis menarik perhatian banyak orang, termasuk Ezpelata yang telah mengenal Rossi luar dalam.

Valentino Rossi pensiun pada akhir musim ini (Foto: MotoGP)

Ezpeleta mengungkapkan, bahwa selalu ada pembalap yang mendominasi kejuaraan pada masanya masing-masing. Akan tetapi, The Doctor –julukan Rossi- berbeda karena mampu menjadi yang terbaik dalam beberapa masa.

“Karier dan kesuksesan Valentino (Rossi) itu unik. Kenny Roberts dominan pada 1978-1980, kemudian datang orang Amerika Serikat seperti Lawson, Mamola, Rainey, Spencer dan Schwantz," kata Ezpeleta, dilansir dari Tuttomotoriweb, Rabu (25/8/2021).

"Kemudian, orang Australia seperti Gardner dan Doohan, lalu Stoner. Selalu ada generasi yang berbeda. Akan tetapi, saya pikir Valentino tak tergantikan,” tuturnya.

Sekadar informasi, The Doctor telah menjadi juara dunia pada 1997 bersama Aprilia di kelas 125cc. Lalu, dia mengulangi kesuksesannya bersama tim asal Italia itu dengan menjadi juara dunia di kelas 250cc pada 1999.


Setelah itu, dia merajai kelas tertinggi MotoGP dengan menjadi juara dunia bersama Honda sebanyak tiga kali (2001, 2002, 2003) dan empat kali (2004, 2005, 2008 dan 2009) dengan Yamaha.

Sejak terakhir kali menjuarai MotoGP pada 2009, Rossi masih bisa bersaing di papan atas dalam beberapa tahun setelahnya. Akan tetapi, bertambahnya umur dan munculnya para pembalap muda membuat Rossi kesulitan bersaing dalam balapan.

Valentino Rossi pensiun pada akhir musim ini (Foto: MotoGP)

Kini, banyak pihak menanti siapa pembalap yang bisa menggantikan Rossi sebagai ikon MooGP. Menurut Ezpeleta, Marc Marquez (Repsol Honda) adalah pembalap yang berpeluang besar menyamai rekor Rossi.

“Saya tidak tahu kapan persaingan suksesi Valentino akan dimulai. Perhatian utama Marquez sekarang adalah menjadi kompetitif (setelah cedera parah di MotoGP 2020), seperti di masa lalu. Saya harap dia berhasil. Jika dia berhasil, dia dapat mencapai semua yang telah dia tetapkan sebagai tujuan,” ucap pria berusia 75 tahun itu.

Karena pensiun pada akhir musim ini, tugas Rossi di MotoGP 2021 belum selesai. Terdekat, Rossi harus mentas dalam balapan MotoGP Inggris 2021 yang akan berlangsung di Sirkuit Silverstone, Minggu 29 Agustus 2021.



Sumber : okezone.com

0 comments: