Viral Kisah Pengumpul Kardus Sisihkan Uang Rp 2.000 untuk Membeli Hewan Kurban

Kamis, Agustus 26, 2021 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



  Hari Raya Iduladha yang telah dinanti-nanti seluruh umat muslim di dunia akhirnya tiba pada hari ini Selasa (20/7/2021). Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, lebaran haji ini dirayakan di tengah pandemi. Meski demikian, tak menyurutkan antusias masyarakat dalam mempersiapkan hewan kurban.

Saat Hari Raya Iduladha, umat muslim yang mampu secara finansial diwajibkan untuk berkurban. Bahkan seseorang rela menyisihkan sedikit hartanya untuk membeli hewan kurban. Seperti kisah inspiratif pria pengepul kardus di Bekasi, Jawa Timur yang baru-baru ini viral di media sosial.Meski memiliki ekonomi terbatas, pria yang bernama Arif ini akhirnya bisa ikut berkurban di tahun ini. Setelah mengumpulkan uang Rp 2.000 dari hasil kerja kerasnya berjualan kardus, pria yang akrab disapa Aep itu berhasil membeli hewan kurban.

Kisahnya itu awalnya dibagikan oleh seorang pengguna Facebook bernama Hendro Pratama pada beberapa waktu lalu. Sosoknya yang hidup dalam keterbatasan membuat warganet tersentuh. Banyak warganet yang merasa kagum dengan aksinya tersebut.

"Barusan dapet kabar bahagia Arif yg sehari2 dipanggil Aep membeli hewan kurban dengan uang pecahan 2000an yang ia kumpulkan dari uang menjual kardus yang setiap hari ia geluti. Dengan segala kekurangan yang ia miliki ia masih memiliki hati yg sungguh hebat Subhanallah," dikutip Liputan6.com dari Facebook Hendro Pratama, Selasa (20/7/2021).Kemudian kisah aep yang rela menyisihkan uang pecahan Rp 2.000 untuk membeli hewan kurban dibagikan kembali oleh pengguna Twitter @BacaSaung. Dalam cuitannya itu, ia mengungkapkan bahwa Aep bekerja sebagai pengepul kardus yang biasanya beroperasi di wilayah Bekasi Utara.

Pada malam hari di saat orang terlelap, ia baru akan mulai bekerja. Lalu kardus-kardus tersebut ia jual kepada pengepul. Meski penghasilan yang didapat tak menentu setiap harinya, Aep mampu membeli hewan kurban dari hasil mengumpulkan kardus.

Pekerjaan ini ia lakukan dengan penuh keikhlasan meski di tengah segala kekurangannya. Akun Twitter @Bacasaung juga membenarkan bahwa Aep merupakan pemuda disabilitas dengan kekurangan tidak bisa bicara dengan jelas atau cadel.


"Saya tau banget ini anak, tidak pernah sekolah, ngomong juga gajelas cadel, Operasi kardus jam 9 malem, ketika toko pada nutup, di taman wisma asri dua, teluk Pucung, Bekasi Utara, malu gak sih baca kek gini, sehat sehat Aep, doa terbaik untukmu" tulis akun Twitter @Bacasaung.

Bukan hanya itu, pengepul kardus tersebut juga dikenal sebagai sosok yang suka menolong. Aep pun memiliki pribadi yang ramah dan kerap menghibur warga.

"Aep itu suka membantu Pak RW setempat, disuruh kewarung, atau ini itu, yg jelas diberdayakan," tulis akun Twitter @Bacasaung.

Sumber : liputan6.com

0 comments: