10 Pelabuhan Terbesar di Indonesia, Nomor 8 Sudah Dikenal Sejak Abad 12

Jumat, September 10, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2021 09 07 408 2467644 10-pelabuhan-terbesar-di-indonesia-nomor-8-sudah-dikenal-sejak-abad-12-1yQ56Wts44.jpg

SEDIKITNYA ada 10 pelabuhan terbesar di Indonesia. Pelabuhan-pelabuhan tersebut menjadi pintu masuk orang dan barang-barang. Aktivitasnya selalu sibuk.

Sebagai negara kepulauan dan poros maritim dunia, Indonesia memiliki banyak pelabuhan, baik kecil maupun besar, sebagai tempat persinggahan kapal-kapal. Pelabuhan berperan penting sebagai pintu masuk orang dan logistik.

Pelabuhan juga memiliki peran yang penting baik dalam perdagangan maupun industri. Terdapat banyak pelabuhan yang telah resmi beropeasi dan akan rampung sebagai tol laut. Hal ini guna memenuhi kebutuhan logistik maupun transportasi antarpulau.


Lantas dari sekian banyaknya pelabuhan di Indonesia, berikut 10 pelabuhan terbesar di Indonesia.

1. Pelabuhan Tanjung Priok

Berada di utara Jakarta, Pelabuhan Tanjung Priok merupakan pelabuhan paling sibuk di Indonesia. Tak hanya itu, Pelabuhan Tanjung Priok juga termasuk salah satu pelabuhan terbesar di Asia Tenggara lho.

 Ilustrasi

10 pelabuhan terbesar di Indonesia, salah satunya Pelabuhan Tanjung Priok 

Di Pelabuhan Tanjung Priok padat oleh berbagai kegiatan, mulai dari aktivitas bongkar muat peti kemas, mengangkut dan menurunkan barang dari berbagai pulau dan negeri, hingga kegiatan mengangkut dan menurunkan penumpang kapal.

Pada mulanya, Pelabuhan Tanjung Priok dibangun karena adanya pengendapan lumpur di muara Ciliwung pada tahun 1960. Pelabuhan ini dibangun pada akhir abad ke-19, peninggalan pemerintah Hindia Belanda saat itu.

2. Pelabuhan Merak

Memiliki letak yang strategis, Pelabuhan Merak menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera yang dipisahkan oleh Selat Sunda. Berada di Cilegon, Banten, Pelabuhan Merak menjadi pintu gerbang kapal-kapal feri yang melintas dari Merak ke Pelabuhan Bakauheni di Lampung.

 Ilustrasi

10 pelabuhan terbesar di Indonesia, termasuk Pelabuhan Merak 

3. Pelabuhan Tanjung Perak

Terletak di Surabaya, Jawa Timur, Pelabuhan Tanjung Perak menjadi pelabuhan kedua teramai di Indonesia setelah Pelabuhan Tanjung Priok. Awal pembangunan pelabuhan ini dimulai pada tahun 1910.

Di samping itu, nama Tanjung Perak berasal dari kata Hujunggaluh. Kemudian pada masa pemerintahan Hindia Belanda, Hujunggaluh berubah menjadi Hujungperak dan barulah namanya menjadi Tanjung Perak seperti saat ini.


Pelabuhan Tanjung Perak ramai oleh berbagai kegiatan. Di pelabuhan ini juga terdapat wisata North Quay dengan pemandangan laut dari rooftop bagi pengunjung. Ada pula aneka kuliner yang tersedia.

4. Pelabuhan Bakauheni

Salah satu pelabuhan yang padat akan berbagai kegiatan, Pelabuhan Bakauheni berada di Lampung Selatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Di pelabuhan ini dipadati oleh ratusan kapal feri yang berlayar setiap harinya.

Kapal-kapal yang ada di Pelabuhan Bakauheni umumnya melayani penumpang yang hendak menyeberang baik antarkota maupun antarprovinsi. Jasa penyeberangan ini biasanya mengangkut truk-truk, bus penumpang, barang, dan kendaraan pribadi.

5. Pelabuhan Tanjung Emas

Pelabuhan Tanjung Emas mempunyai luas 500 hektare yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Berbagai kegiatan terdapat di pelabuhan ini, seperti kolam pelabuhan, dermaga, terminal, alur pelayaran, dan gudang.

Menariknya, di Pelabuhan Tanjung Emas terdapat sebuah mercusuar bernama mercusuar Willerm 3. Mercusuar itu merupakan satu-satunya yang ada di Jawa Tengah dan dibangun pada tahun 1884 di masa pemerintahan Kolonial Belanda.

6. Pelabuhan Ketapang

Berbeda dari pelabuhan lainnya, Pelabuhan Ketapang menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapal feri. Pelabuhan Ketapang berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Bali melalui Selat Bali.

Setiap harinya, Pelabuhan Ketapang ramai oleh ratusan perjalanan kapal feri yang membawa penumpang menuju Pulau Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk di Bali. Pelabuhan Ketapang juga memiliki pemandangan alam yang indah.

 Ilustrasi

7. Pelabuhan Harbour Bay

Bila berkunjung ke Batam, tak lengkap rasanya tanpa berkunjung ke Pelabuhan Harbour Bay. Merupakan sebuah pelabuhan yang dekat dengan negara tetangga, yakni Singapura. Pelabuhan Harbour Bay termasuk salah satu pelabuhan internasional, pasalnya tak hanya melayani rute kapal feri domestik, tetapi juga melayani rute perjalanan ke negara lain.

Hal unik yang dapat ditemukan di Pelabuhan Harbour Bay terdapat mal di dalamnya. Banyak produk fashion dari berbagai brand-brand ternama. Ada juga restoran-restoran dan street food, serta penginapan yang makin memanjakakan pengunjung.

8. Pelabuhan Sunda Kelapa

Terkenal dengan nama pasar ikan, Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan tempat persinggahan kapal-kapal yang dibangun pada tahun 1527 di masa pemerintahan Portugis. Kini, Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan pelabuhan bongkar muat barang dan peti kemas.

Pelabuhan Sunda Kelapa sudah ada sejak zaman Kerajaan Padjajaran dan mulai dikenal pada abad ke-12. Pelabuhan ini disinggahi kapal-kapal antarpulau dan pelayaran rakyat yang menggunakan kapal Phinisi atau Bugis Schooner.


Sumber : okezone

0 comments: