5 Tips Melawan Phobia Menurut Para Ahli

Kamis, September 30, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Takut (Foto: DFW)


PHOBIA adalah ketakutan yang intens terhadap sesuatu yang dapat menimbulkan bahaya jika pelaku tidak dapat mengontrol ketakutan tersebut.

Jika mereka menemukan sesuatu yang ditakutinya, mereka cenderung berlari tanpa memikirkan keselamatan dirinya.

Psikoterapis Dr. Chandni Tugnait mengatakan, ketakutan adalah emosi yang dipicu dengan ancaman bahaya baik nyata maupun imajiner. Dalam jumlah sedang, ini membantu kita mengatasi potensi bahaya.

"Namun, jika frekuensi atau intensitas ketakutan tersebut melumpuhkan dampaknya, maka perlu dikelola secara efektif,” katanya seperti dilansir Pinkvilla pada Rabu (29/9/2021).

Namun, menghindari rasa takut hanya menyebabkan kecemasan dan ketidaknyamanan. Ketakutan umum yang lazim dipicu oleh ketinggian, terbang, kematian, kegelapan, interaksi sosial, hewan pengerat, dll.

Sebelum menimbulkan dampak yang dapat merugikan dirinya maupun orang lain, sang psikoterapis pun membuat 5 daftar di mana seseorang dapat mengatasi phobia mereka secara umum.

Namun, jika rasa takutnya keluar dari beberapa fobia yang parah, selalu lebih baik untuk berkonsultasi dengan profesional terlebih dahulu.

 takut

1. Hadapi ketakutanmu

Anda tidak dapat menyingkirkan apa yang Anda takuti, kecuali jika Anda menghadapinya secara langsung. Ingatlah, bahwa hal-hal jarang menjadi seburuk yang Anda bayangkan, ketika menghadapi situasi sulit.

Apakah itu melibatkan laba-laba, kerumunan, ketinggian, terbang, dll., akui mereka dan taklukkan mereka satu per satu, dengan meruntuhkan asumsi, pemikiran berlebihan, kesimpulan, dan titik acuan masa lalu di sekitarnya.

2. Berpikir positif

Mungkin ketakutan Anda hanyalah pikiran berlebihan yang lepas kendali dalam pikiran Anda. Pikiran negatif mengarah pada tindakan negatif yang kemudian mendorong hasil negatif.

Jadi, kembangkan pikiran dan kebiasaan positif yang akan memberdayakan Anda untuk mencapai lebih banyak dan meningkatkan kepercayaan diri Anda!

3. Personifikasi rasa takut

Personifikasi rasa takut membantu memisahkan pikiran sendiri dari pikiran yang diciptakan oleh rasa takut. Anda dapat memberikan nama atau gambar seperti apa untuk membuatnya lebih ringan (pastikan Anda tidak melihatnya sebagai monster atau sesuatu yang menakutkan), sehingga Anda tahu bahwa Anda dapat mengatasinya. Ini membantu dalam memprosesnya dengan lebih baik.

 

4. Praktek dumping otak

Brain dumping adalah keterampilan mengatasi yang hebat. Buat jurnal dan catat semua pikiran, ketakutan, dan perasaan Anda. Biarkan itu menjadi pemikiran yang mengalir bebas di atas kertas.

Ini membantu dalam mendeklarasikan pikiran dan mengekang pemikiran yang berlebihan sambil memungkinkan pemrosesan pikiran yang menakutkan.

5. Carilah dukungan dari seorang ahli

Sendirian dengan ketakutan hanya menambah kecemasan yang Anda rasakan saat menghadapinya. Bagikan dengan teman dan keluarga Anda.

Anda juga bisa mencari dukungan dari seorang ahli untuk mengurangi ketakutan atau keraguan yang mungkin menghalangi Anda untuk mencoba hal-hal baru.


Sumber : okezone.com

0 comments: