5 Tips Sederhana Menjaga Kulit Sehat untuk Pria

Rabu, September 15, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Masalah kulit juga banyak dialami para pria. Berikut lima tips sederhana menjaga kulit sehat untuk pria. (iStock/Peopleimages)

Masalah kulit adalah problem utama yang kerap terjadi, misalnya berjerawat, kulit kering, serta kusam. Tidak hanya wanita, masalah kulit juga banyak dialami oleh pria.
Kendati demikian, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang disarankan oleh ahli untuk mengatasi masalah ini.

Berikut lima tips sederhana kulit sehat untuk para pria, menurut Ahli Estetika dan Dermatologi Kosmetik, Amiee Vyas.


1. Ganti masker secara berkala
Penting untuk mengganti masker secara berkala karena masalah kulit yang disebabkan masker atau dikenal dengan maskne adalah hal nyata dan bisa dialami pria.

"Mengenakan masker membuat wajah terasa lebih panas dan lembab di bagian yang tertutup, di sinilah tempat bakteri berkembang biak," kata Vyas, seperti dilansir dari Mens Health.

2. Olahraga di luar ruangan
Tak ada salahnya sesekali keluar rumah untuk mencari udara segar sembari tetap mematuhi protokol kesehatan.

Jika Anda terus menerus melakukan aktivitas yang sama dari mulai makan, tidur, bekerja dan berolahraga di ruangan yang sama, ini tak akan baik untuk mental dan pikiran Anda, yang juga dapat berpengaruh pada kesehatan kulit Anda.

Bergeserlah ke taman belakang atau halaman rumah Anda untuk berolahraga ringan sambil menjernihkan pikiran setelah beraktivitas terus di dalam ruangan.

"Olahraga akan meningkatkan sirkulasi dan dengan demikian meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke kulit. Ini menguntungkan proses stimulasi kolagen dan pergantian sel dan berkontribusi pada cahaya yang sehat," kata Vyas.

"Jika Anda berolahraga di luar di kota yang sibuk dan berpolusi, gunakan serum antioksidan atau menggunakan SPF yang memiliki perlindungan antioksidan adalah suatu keharusan," tambahnya.

3. Kelola stres
Tak hanya pada wanita, pria juga bisa mengalami masalah jerawat. Stres biasanya menjadi salah satu memicu timbulnya jerawat. Cobalah mengelola stres dengan meluangkan waktu dari aktivitas rutin di rumah.

Anda juga harus menurunkan konsumsi alkohol dan mulai melakukan sesuatu yang benar-benar digemari.

"Stres menyebabkan puncak kortisol yang menyebabkan kelenjar minyak membengkak dan menghasilkan lebih banyak minyak dan meningkatkan peradangan," kata Vyas.

4. Atasi masalah keringat
Berkeringat memang normal, tetapi jika berlebihan akan memicu masalah kulit, seperti jerawat hingga gatal-gatal.

"Keringat yang berlebihan dapat memicu masalah kulit seperti jerawat, serta pakaian yang ketat dan tidak menyerap keringat hanya akan memperburuknya," kata Vyas memperingatkan.

Ada baiknya memilih peralatan olahraga atau pakaian yang bisa menyerap keringat dengan baik agar bisa m.

"Pilih perlengkapan olahraga yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat dan tidak menimbulkan gesekan yang berlebihan saat berolahraga, dan selalu cuci peralatan aktif Anda setelah berolahraga," ujar Vyas.

5. Mandi teratur
Berada di dalam ruangan hampir sepanjang hari tak membuat Anda harus melupakan mandi. Jangan abaikan kebersihan diri hanya karena berada di ruangan dan merasa tak berkeringat terlalu banyak.

Pastikan mandi secara teratur dan tepat setelah berolahraga. Gunakan sabun yang cocok dengan jenis kulit Anda sehingga tidak menyebabkan iritasi atau peradangan.

"Jika Anda cenderung berkeringat atau memiliki banyak rambut tubuh, keringat, minyak, dan bakteri dapat menumpuk dan menyebabkan kondisi seperti jerawat," kata Vyas.


Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: