Begini 7 Langkah Menghentikan Overthinking karena Masalah Kecil

Jumat, September 17, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Setiap orang bebas dan memiliki kebebasan untuk berpikir. / Foto: ilustrasi/ist


Setiap orang bebas dan memiliki kebebasan untuk berpikir . Selanjutnya, merupakan pilihan, apakah Anda ingin bertindak berdasarkan pikiran Anda atau terus memikirkannya tanpa mencapai kesimpulan.

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk memilih opsi terakhir, terlalu banyak berpikir tidak produktif hanya akan menambah masalah Anda yang sudah ada. Meskipun tidak ada yang bisa menghindarinya, Anda pasti dapat mendeteksinya dan menemukan cara untuk mengatasinya.

Karenanya, seperti dilansir Times of India pada Kamis (16/9/2021), berikut beberapa cara menghentikan diri Anda dari overthinking alias berpikir berlebihan serta membantu Anda menjalani kehidupan yang produktif.


1. Tanyakan pada diri sendiri apakah overthinking itu produktif

Mendesak otak Anda untuk mencari solusi yang mungkin dan membuatnya bekerja untuk memetakan rencana sangat berguna. Namun, terlalu banyak berpikir dan bolak-balik pada ide yang sama dapat melumpuhkan pikiran Anda.

Yang mengatakan, ketika Anda mendapati diri Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal yang tidak berada dalam kendali Anda, lebih baik bertanya pada diri sendiri apakah itu produktif sama sekali. Jika Anda dapat melakukan sesuatu tentang hal itu, maka inilah saatnya untuk bertindak.

2. Tingkatkan kemampuan pemecahan masalah Anda

Memikirkan masalah yang ada tidak ada gunanya sampai dan kecuali jika Anda bertujuan untuk menemukan solusi. Karena itu, di waktu luang Anda, carilah cara untuk memperkaya kemampuan Anda dalam memecahkan masalah.

Pikirkan cara Anda dapat mencegah munculnya situasi tertentu atau jika Anda telah menempatkan diri Anda dalam masalah, pikirkan cara untuk mengatasinya. Jika tidak ada di tangan Anda, maka itu tidak sebanding dengan tekanan mental dan stres.

3. Alihkan perhatian Anda dengan hal-hal yang lebih penting

Daripada berkutat pada pemikiran yang tidak menghasilkan manfaat, alihkan perhatian Anda dengan kegiatan yang produktif dan akan bermanfaat dalam jangka panjang.

Habiskan lebih banyak waktu dengan teman dan keluarga atau lakukan pekerjaan yang menarik minat Anda. Ini pasti akan mengalihkan pikiran Anda yang berlebihan.

4. Lihatlah gambaran yang lebih besar

Beberapa masalah tidak peduli seberapa kecil mereka mungkin tampak sangat mengganggu. Namun, jika Anda belajar untuk melihat gambaran yang lebih besar, Anda akan menyadari, dalam beberapa tahun, itu bahkan tidak masalah dan bagi sebagian orang, itu akan menjadi sumber humor.

Jika itu adalah sesuatu yang dapat Anda ubah, Anda harus melakukannya tanpa khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan tentang Anda. Terlalu banyak berpikir hanya akan melumpuhkan kemampuan Anda untuk bertindak.

5. Berlatih pernapasan dalam atau bermeditasi
Kadang-kadang, yang Anda butuhkan hanyalah pernapasan dalam dan meditasi. Alih-alih berpikir berlebihan dan membuat pikiran Anda menderita, ambil napas dalam-dalam dan biarkan pikiran dan tubuh Anda condong ke arah kedamaian dan harmoni.

Dengan cara ini pikiran Anda akan bebas dari semua konflik dan Anda akan merasa lebih santai dan siap untuk mengatasi masalah Anda.

6. Hargai kesuksesan Anda

Ketika orang terlalu banyak berpikir, mereka kehilangan semua kewajaran. Mereka menjadi kritis terhadap diri sendiri. Untuk berhenti melakukan itu, akui pencapaian dan kesuksesan Anda. Latih diri Anda untuk mencintai diri sendiri dan hargai kerja keras yang telah Anda lakukan.

Daripada sibuk overthinking, lebih baik perhatikan semua upaya yang telah Anda lakukan. Jika masih tidak berhasil, Anda tidak bisa disalahkan.

7. Berkomunikasi dan mencari bantuan

Terkadang cara terbaik untuk menghindari overthinking adalah dengan mengeluarkan semua emosi Anda. Berbagi perasaan Anda dengan orang lain dan mengomunikasikan semua masalah Anda dengan orang-orang terdekat Anda selalu membuat hati Anda terasa sedikit lebih ringan. Ini juga dapat membantu Anda mendapatkan perspektif baru tentang masalah dan memberi Anda solusi juga.



Sumber : sindonews.com

0 comments: