Curhat Co-Pilot Hadapi Captain Songong, Pernah Ngajak Ribut di Ruang Kokpit

Jumat, September 17, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2021 09 16 406 2472562 curhat-co-pilot-hadapi-captain-songong-pernah-ngajak-ribut-di-ruang-kokpit-o2QhD4gYKa.JPG

FAKTOR keselamatan penumpang pesawat bergantung pada keahlian dan profesionalitas seorang pilot dan co-pilot. Keduanya memiliki tugas penting yang tentunya harus saling bersinergi.

Hubungan antara pilot dan co-pilot pendamping harus harmonis manakala bertugas di ruang kokpit. Hal itu bertujuan agar tidak terjadi kesalahan sepele yang justru memicu kecelakaan pesawat. Lalu apa jadinya jika pilot dan co-pilot tidak akur atau malah ribut saat berada di ruang kokpit?

Nah, pengalaman ini dialami oleh Ryan Manggala, seorang pilot di salah satu maskapai nasional. Saat berbincang di kanal YouTube Vincent Raditya, Ryan menceritakan konfliknya dengan seorang captain pilot yang terjadi pada 2018 silam.

Kisah berawal saat Ryan mengemban tugas untuk malakoni penerbangan dari Jakarta ke Surabaya. Kala itu dia bertugas sebagai co-pilot.

Ia mengaku belum pernah bekerja dengan pilot yang tak diungkap identitasnya itu. Meski begitu, ia kerap kali mendengar gosip yang beredar soal buruknya karakter atau perangai sang captain yang menjadi tandemnya.

Infografis Maskapai dengan Sajian Makanan Terbaik

Tidak ada perilaku aneh dari captain saat mereka melakukan SOP bersama sebelum masuk ke pesawat. Bahkan captain masih menyapa Ryan dengan ramah layaknya seorang teman lama.

Sayangnya, keramahan sang captain lenyap saat mereka sudah berada di ruang kokpit. Ryan mulai merasakan sikap dingin dari si captain ketika ia menanyakan siapa yang akan menerbangkan pesawat.

Menurut Vincent, yang juga berprofesi sebagai pilot profesional, dalam menerbangkan pesawat ada prosedur yang harus dicek. Pilot dan co-pilot harus saling mengingatkan agar tidak ada prosedur yang terlewat satupun. Namun, sang captain yang bekerja dengan Ryan malah tidak melakukan komunikasi.

"Yang ada di dalam kokpit itu harus sinergi satu sama lain," kata Captain Vincent.

Di pertengahan video, Ryan sampai menirukan mimik wajah sang captain yang terlihat sangat tidak bersahabat selama penerbangan. Ia juga mengaku sang captain sering mengabaikan ucapannya.

Konflik memuncak pada hari ke-3. Captain mengkritik Ryan dengan kalimat pedas. "Lu bisa jadi pilot enggak sih? komunikasi enggak bisa, terbang enggak bisa, SOP enggak bener,” hardik sang captain.

Ryan pun merasa bingung, sebab ia sudah mencoba menjalin komunikasi yang baik dengan sang captain, namun tetap tidak digubris. Meski diperlakukan tidak sopan, ia masih berlapang dada dan lebih memilih menahan emosinya agar tidak memperkeruh suasana.

Sayangnya Vincent dan Ryan tidak menjelaskan lebih lanjut soal sanksi yang diberikan kepada pilot, jika ia bekerja tidak profesional sebagaimana kesaksian Ryan.

Sumber : okezone

0 comments: