Demi Lolos ke Piala Dunia Basket 2023, Erick Thohir Minta Timnas Indonesia Matangkan Persiapan

Rabu, September 01, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Erick Thohir minta Timnas Basket Indonesia mematangkan persiapan agar lolos ke Piala Dunia Basket 2023 (Foto: Perbasi)


Hasil undian Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023 Zona Asia telah diketahui. menempatkan Tim Nasional (Timnas) Basket Indonesia berada di Grup C bersama Yordania, Lebanon, dan Arab Saudi.

FIBA Central Board Member, Erick Thohir, mengatakan Timnas Indonesia harus memanfaatkan kesempatan untuk lolos ke putaran final karena berstatus menjadi tuan rumah bersama Jepang dan Filipina. Pasalnya, hingga saat ini, Indonesia sendiri belum memastikan diri lolos ke putaran final yang beda cerita dengan Jepang dan Filipina.

Erick Thohir (Foto: Antara)

"Kini ada dua opsi bagi timnas Indonesia untuk lolos. Pertama, menduduki peringkat delapan besar di FIBA Asia Cup yang akan digelar di tahun 2022. Kedua, pada akhir kualifikasi FIBA World Cup 2023, Indonesia menempati peringkat 5 besar,” ucap Erick Thohir dalam keterangan pers yang diterima MPI (Media Portal Indonesia), Rabu (1/9/2021).

Karena ada dua syarat tersebut, Erick Thohir juga menegaskan Timnas bola basket Indonesia harus segera mempersiapkan timnya dengan matang. Ia berharap Arki Wisnu dan kawan-kawan bisa bersaing secara kompetitif dan mampu mengimbangi para pesaing.

“Sebagai persiapan menuju FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023, saya meminta agar persiapan tim nasional harus ditingkatkan, baik tim junior maupun tim senior, karena waktunya sangat dekat,” sambungnya.

Undian kualifikasi Piala Dunia Basket 2023 yang digelar di Jenewa, Swiss pada Selasa 31 Agustus 2021 tersebut membagi wilayah Asia menjadi dua bagian, Asia Barat dan Asia Timur. Di awal, grup Asia Barat terdiri dari Kazakhstan, Iran, Bahrain, Arab Saudi, Lebanon, Yordania, Syria, dan India. Sementara grup Asia Timur meliputi Indonesia, Filipina, Australia, Korea, Jepang, China, Chinese Taipei, dan Selandia Baru.

Sementara itu, Jepang dan Filipina secara otomastis lolos ke Piala Dunia Basket 2023 selaku sebagai tuan rumah. Pada babak kualifikasi mereka hanya sekadar bermain saja, tetapi jika mereka menempati pada posisi tiga besar di babak kedua, peringkat keempat punya kesempatan ke putaran final.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia Basket 2023 nanti akan diikui 32 negara dari empat konfederasi. Eropa, Asia-Oseania, Amerika, dan Afrika. Kuota untuk wakil Eropa ada 12 negara, Asia-Oceania delapan negara, Amerika tujuh negara, dan Afrika lima negara.

Timnas Basket Indonesia (Foto: Perbasi)

Penentuan negara yang lolos ke Piala Dunia 2023 bakal berlangsung dua babak. Dari Asia-Oseania, babak pertama diikuti 16 negara yang dibagi empat grup di dalamnya termasuk tuan rumah Filipina dan Jepang, juga Indonesia. Pertandingan dilaksanakan dalam format home and away. Artinya setiap negara akan memainkan enam Pertandingan penentu dalam tiga termin, 20-30 November 2021, 21 Februari-1 Maret 2022, dan 27 Juni-5 Juli 2023.

Negara peringkat tiga teratas di masing-masing grup melaju ke kualifikasi babak kedua. Nanti 12 grup di fase kedua ini akan dibagi menjadi dua grup. Dengan format home and away, setiap negara akan memainkan 10 pertandingan. Fase kedua ini juga akan digelar dalam tiga window, 22-30 Agustus 2022, 7-15 November 2022, dan 20-28 Februari 2023.

Dari fase ini, kemudian akan dipilih tiga tim terbaik dari masing-masing grup untuk mewakili zona Asia-Oseania. Sementara Jepang dan Filipina akan melengkapi kuota menjadi delapan.

Indonesia diharapkan lolos ke Piala Dunia Basket 2023. Jika lolos, Indonesia akan mendapatkan dukungan penuh dari publik sendiri karena berstatus tuan rumah.


Sumber : okezone.com

0 comments: