Destinasi Wisata Seru di Jawa Timur yang Sudah Tersertifikasi CHSE

Jumat, September 17, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Jawa Timur merupakan sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, dengan kondisi topografi didominasi dengan kawasan pegunungan yang menawan. Hal tersebut membuat Jawa Timur memiliki ragam destinasi wisata yang patut untuk diperhitungkan.

 

 

Anda bisa merencanakan liburan ke Jawa Timur ketika keadaan telah membaik nantinya, bersama keluarga tercinta atau hanya sekadar untuk melepas penat dengan berkunjung ke beberapa tempat wisata yang sudah mengantongi sertifikat CHSE, yaitu merupakan standar yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berbasis Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) untuk para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja. 

 

 

Nah, sebelum mengetahui beragam destinasi wisatanya, jangan pernah lupa untuk tetap disiplin menerapkan protokol kehatan 6M. Mulai dari mencuci tangan dengan sabun, memakai masker yang benar, menjaga jarak, menghindari keramaian, menghindari makan bersama, serta mengurangi mobilitas. Semua ini tentunya sebagai upaya dalam mengurangi penularan Covid-19. 

 

 

Selain protokol kesehatan, hal yang tidak kalah penting lainnya adalah vaksin Covid-19. Sebab vaksinasi sangat penting untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19 guna mendapatkan kekebalan kelompok atau herd immunity.

 

Nah, jika Anda butuh inspirasi lainnya seputar jalan-jalan #DiIndonesiaAja, jangan lupa follow akun Instagram @pesonaid_travel, ya! 

 

Yuk, simak beragam ulasan destinasi wisata di Jawa Timur yang sudah tersertifikasi CHSE!

 

1. Agrowisata Bhakti Alam

 

Jika Anda ingin liburan di tempat wisata yang menawarkan banyak pengalaman menarik tentang alam, Anda bisa mengunjungi Agrowisata Bhakti Alam. Destinasi wisata ini merupakan tempat wisata yang berada di Desa Ngembal, Kecamatan Tutur Nongkojajar, Kabupaten Pasuruan, yang menawarkan keindahan alam pegunungan dengan perkebunan buah buahan, bunga, dan tanaman yang luas.

Di agrowisata ini, Anda bisa melihat banyak pohon buah yang beraneka ragam, seperti buah durian, naga, jambu, kelengkeng, melon, dan buah segar lainnya. Tak hanya itu, keseruan lainnya yang bisa Anda rasakan adalah menikmati fasilitas seperti berkeliling dengan kereta wisata, mencicipi sample jus buah, serta buah-buahan yang dipanen.

Masih belum puas? Tenang, Anda bisa juga bisa menikmati wahana lainnya seperti, mobil ATV, pacuan kuda, pain ball, buggy car, dan wahana seru lainnya.

2. Batu Love Garden

Batu Love Garden adalah destinasi wisata baru yang berlokasi di Jalan Raya Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Pada musim liburan, tempat wisata ini jadi tempat refreshing bagi banyak wisatawan. Mengunjungi Batu Love Garden, Anda bisa menikmati keindahan taman bunga aneka warna dari berbagai negara, melihat berbagai jenis bunga hias, sayur–sayuran, buah-buahan, hingga tanaman obat dari Kota Batu.

Tak hanya bisa menikmati aneka jenis bunga, destinasi wisata ini juga menyuguhkan edukasi hewan seperti kupu–kupu, lebah, hingga serangga yang berperan dalam proses tumbuhnya bunga–bunga hias. Beragam aktivitas tersebut bisa menjadi bucket list Anda dalam merencanakan kunjungan. Destinasi ini juga memiliki konsep ruang terbuka, serta penerapan protokol kesehatan secara ketat bagi pengunjung.

Seperti yang disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno bahwa kekayaan wisata Indonesia begitu luar biasa mengagumkan. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan pariwisata yang berbasis protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Jadi kita mempersiapkan sektor pariwisata dengan protokol kesehatan, ditambah cakupan vaksinasi yang lebih luas. Insya Allah pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia kita ini bisa bangkit,” tutur Sandi.

Semangat untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia ini senada dengan momentum Hari Pariwisata Sedunia pada 27 September 2021 mendatang.

3. Boom Marina Banyuwangi

Ingin liburan sambil menikmati keindahan laut? Anda bisa mengunjungi Pantai Marina Boom yaitu destinasi wisata yang terletak di tengah Kota Banyuwangi. Sebelum berubah menjadi kawasan wisata, tempat ini dulunya merupakan pelabuhan yang kumuh. Kini, Objek wisata Boom Marina Banyuwangi disulap menjadi salah satu kawasan wisata hits di Banyuwangi yang memiliki banyak spot instagramable favorit para wisatawan.

Tiket masuknya hanya Rp5000 per orang. Dari pintu utama Anda akan melihat papan besar dengan tulisan Marina Boom sebagai penanda kawasan pintu masuk wisata ini. Kini, pantai ini terus bersolek, selain itu Pemerintah Kabupaten Banyuwangi juga berencana membangun dermaga untuk kapal pesiar.

Hal tersebut merupakan upaya serius dari Pemerintah setempat untuk terus mengembangkan kawasan wisata ini. Terbukti, Pantai Marina Boom juga menjadi tuan rumah bagi sejumlah event berskala internasional seperti Banyuwangi Beach Festival, Festival Layang-Layang, dan Festival Barong.

4. Jawa Timur Park

Ingin berkunjung ke salah satu destinasi wisata terbesar di Jawa Timur? Ya, Anda bisa datang ke Jatim Park yang merupakan tempat rekreasi dan taman belajar yang berlokasi di Kota Batu.

Objek wisata ini berada sekitar 20 km barat Kota Malang dan kini menjadi salah satu icon wisata Jawa Timur. Objek wisata ini memiliki 36 wahana, di antaranya kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Mpu Gandring), spinning coaster, dan drop zone. Selain itu, terdapat wahana edukasi seperti Volcano dan Galeri Nusantara yang menyuguhkan beragam jenis tanaman agro, diorama binatang langka, dan miniatur candi-candi.

Jatim Park terdiri dari tiga kawasan wisata yakni Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3. Jatim Park 2 yang berlokasi di Jalan Oro Oro Ombo No.9, merupakan kawasan tempat belajar dan bermain. Jatim Park 2 mengusung konsep belajar ilmu alam, biologi, dan satwa yang disajikan dengan latar belakang sesuai habitatnya.

Kemudian Jatim Park 3 berlokasi di Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Destinasi wisata Jatim park 3 mengusung konsep taman bermain sekaligus edukasi mengenai hewan-hewan purbakala termasuk Dinosaurus. Destinasi ini juga dilengkapi dengan area food court yang menyajikan aneka masakan jajanan ringan, minuman segar, dan masakan tradisional serta internasional.

Tidak cukup menikmati wisata yang ada di sana? Anda juga bisa membeli beragam cinderamata atau kuliner di sekitar lokasi. Namun, bagi Anda yang #DiRumahAja tapi sudah rindu membeli beragam jenis oleh-oleh Jawa Timur, Anda bisa #BeliKreatifLokal secara online di berbagai e-commerce yang ada #DiIndonesiaAja.

Nah, itu dia tempat wisata di Jawa Timur tersertifikasi CHSE yang bisa masuk dalam bucket list Anda untuk dikunjungi nanti apabila keadaan telah membaik. Meski begitu, jangan lupa untuk tetap disiplin protokol kesehatan dan lakukan vakasinasi segera, ya!

Bagi Anda yang masih #DiRumahAja sambil mengisi waktu luang menunggu liburan, Anda bisa melakukan hal-hal yang bermanfaat. Misalnya membuat bucket list untuk liburan nanti. Selain itu, Anda juga bisa ikutan Pesona Punya Kuis atau PUKIS yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekannya.

Mau tahu cara ikutannya? Gampang banget! Pertama, Anda wajib follow akun Instagram @pesonaid_travel dan like unggahan PUKIS terbaru. Lalu, jawab pertanyaan yang diberikan melalui kolom komentar. Mau peluang menang semakin besar? Jangan lupa mention tiga teman Anda untuk ikut memeriahkan kuis ini, ya! Raih kesempatan untuk dapetin beragam hadiah menarik.


 

Sumber : okezone.com

0 comments: