Destinasi Wisata Tutup Lama Akibat Pandemi, PAD Pariwisata Lumajang Baru Tercapai Separuh

Kamis, September 23, 2021 Majalah Holiday 0 Comments


Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata Kabupaten Lumajang tahun ini mempunyai target Rp 1,3 miliar. Sayangnya, sampai sekarang pendapatan baru terkumpul separuh dari target. Padahal, tahun ini hanya tersisa tiga bulan.

 

 

Dapat dipastikan, sulitnya realisasi itu dikarenakan imbas penanganan pandemi Covid-19. Pasalnya, sudah sekitar tiga bulan semua destinasi wisata di Lumajang dilarang beroperasi.

 

Sekretaris Disparbud Lumajang, Cipto Sujarwo mengakui, selama tiga bulan objek wisata ditutup membuat pemasukan ke kas daerah mandek. Walhasil, perolehan pendapatan dari empat sektor wisata yang dimiliki Disparbud Lumajang kurang setengah miliar dari target.



Destinasi wisata Pemandian Alam Selokambang, Kawasan Wonorejo Terpadu, Ranu Klakah serta B29 Argosari sampai saat ini baru menyumbang pundi pendapatan sekitar Rp 755 juta.

 

"Berat memang, Lumajang meskipun hanya punya empat objek wisata tapi target pendapatan lumayan besar. Sedangkan objek wisata lainnya yang dikelola swasta atau pokdarwis dan desa tidak masuk ke kas daerah," kata Cipto.

 

Pihaknya menyebut, kondisi ini jauh berbeda dengan pada 2020. Di mana masih ada kelonggaran di lokasi destinasi wisata dengan pembatasan pengunjung.

 

Sementara untuk menyesuaikan kondisi sekarang, pihaknya telah menyusun keterangan tidak tercapainya target.

 

"Dalam PK (Penilaian Kinerja) nanti disebutkan alasan tidak tercapainya target. Dan itu sudah diatur dalam ketentuan sebagai dasar ditetapkannya keadaan darurat Covid-19 dari Presiden yang ditindaklanjuti oleh Satgas Covid-19 dan Inmendagri," ujarnya.

 

Meski ancaman target pendapatan tahun ini tidak terlampaui dengan baik, namun pihaknya tetap optimis mengejar kekurangan.

 

Realisasi itu akan diupayakan dengan memaksimalkan 4 destinasi wisata yang dikelola pemda. Sementara pembukaan juga diiringi pengetatatan aturan protokol kesehatan dan penularan Covid-19 tetap terkendali.




 

Sumber : surya.co.id

0 comments: