Di Negara Ini Matahari Tak Pernah Tenggelam, Hari Selalu Terang Benderang

Selasa, September 21, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2021 09 20 406 2474160 di-negara-ini-matahari-tak-pernah-tenggelam-hari-selalu-terang-benderang-PV6hM0Pebi.jpg

BEBERAPA wilayah di belahan bumi ini memiliki siang hari yang panjang, bahkan dalam waktu tertentu tak merasakan gelapnya malam, karena matahari tak pernah tenggelam alias selalu terang bendarang. Fenomena ini disebut juga midnight sun atau matahari tengah malam.

Salah satu kawasan yang mengalami hal ini adalah Islandia, negara Nordik terletak di sebelah barat laut Eropa. Pada musim panas, warga di negara ini bisa merasakan matahari terang bendara sepanjang hari. Jika bulan Ramadhan tiba pada musim tersebut, maka Muslim di sana bisa berpuasa hampir 24 jam.

Ya, berbeda dengan Indonesia yang memiliki pergantian siang dan malam secara imbang, warga Islandia dapat melihat matahari selama 24 jam penuh.

Sebuah video TikTok yang diunggah @greysonbeights menunjukan bagaimana matahari tak pernah tenggelam di tempat ini. Hari selalu terang benderang.

"Bagaimana rasanya siang hari terjadi selama 24 jam?" sebuah pertanyaan tertulis di awal video yang sudah disukai hampir 2 juta kali.

Kemudian video memperlihatkan sejumlah tempat indah di Islandia. Rekaman tersebut seolah diambil pada siang hari.

Padahal, waktu rekaman dimulai dari pagi hari sampai tengah malam, lalu kembali lagi ke pagi hari.

Berbagai tanggapan lucu pun muncul di kolom komentar.

"Boros sunscreen gak sih," tulis akun Mulee.

"Gak ada lagi emak-emak yang larang jangan pulang malam-malam," canda netizen lain. 

Mengutip dari Icelandmag, fenoma midnight sun di Islandia memang membuat tidak ada perbedaan antara siang dan malam hari.

Midnight Sun akan terjadi selama musim panas. Reykjavík, ibu kota Islandia, tidak ditutupi langit malam yang gelap dari 21 Mei hingga 30 Juli.

Ilustrasi

Jika Anda ingin melihat sendiri fenomena midnight sun, datanglah kemari pada musim panas.

Islandia sendiri merupakan negara yang berada di Eropa Utara. Negara ini terletak di antara Samudera Atlantik dan Samudera Arktik. (sal)


Sumber :okezone

0 comments: