Harga sayuran meroket karena Topan Super Chanthu melanda Taiwan

Sabtu, September 11, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Harga rata-rata sayuran melonjak sebesar 6,7%, diperkirakan tidak akan turun sampai badai besar berlalu

Kubis untuk dijual. (foto CNA)

TAIPEI — Untuk kedua kalinya dalam beberapa bulan, cuaca ekstrem mengacaukan harga sayuran Taiwan saat Topan Super Chanthu (璨樹) semakin dekat.

Harga rata-rata sayuran melonjak 6,7% semalam dan rata-rata NT$48 (US$1,74) per kati (台斤, 0,6 kg) pada hari Jumat (10 September) menurut laporan UDN.

Pada hari Jumat, satu kol di pasar sayur tradisional berharga NT$125, sementara tiga bungkus sayuran hijau dijual seharga NT$100, menurut wartawan CNA di tempat kejadian.

Biro Cuaca Pusat mengeluarkan peringatan laut pada pukul 5:30 Jumat pagi untuk Chanthu dan kemungkinan akan mengeluarkan peringatan darat sore ini saat megastorm meningkat.


Bulan lalu, hujan deras menyebabkan harga sayuran rata-rata mencapai NT$55,50 per kilogram, tertinggi kedua dalam sejarah. Harga secara bertahap turun setelah hujan reda, turun menjadi kurang dari NT$45 per kg.

Sekarang, karena topan yang datang, harga sekali lagi naik. Badan Pertanian dan Pangan Dewan Pertanian telah memperkirakan harga tidak akan turun sampai setelah badai berlalu.

Sumber : Taiwan news

0 comments: