Hasil Drawing Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023 Zona Asia: Indonesia Tergabung di Grup C

Rabu, September 01, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Menurut hasil undian Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023, Timnas Basket Indonesia tergabung di Grup C Zona Asia-Oseania (Foto: Shutterstock)

MIES - Undian Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023 berlangsung di Mies, Swiss, Selasa (31/8/2021), sore WIB. Setelah undian selesai, Tim Nasional (Timnas) Basket Indonesia tergabung di Grup C Zona Asia.

Indonesia tergabung di grup C bersama Yordania, Lebanon, dan Arab Saudi. Indonesia harus berhati-hati karena ketiga lawan mereka di Grup C punya kualitas mumpuni.

Timnas Basket Indonesia (Foto: Perbasi)

Sekadar informasi, kompetisi basket antar negara terbesar di dunia ini akan berlangsung di tiga kota, yakni Manila (Filipina), Okinawa (Jepang), dan Jakarta (Indonesia). Zona Asia akan mengawali kualifikasi dari babak pertama.

Dalam babak pertama, terdiri dari 16 negara yang terbagi dalam 4 grup (A,B,C, dan D). Di grup A, ada Selandia Baru, Korea Selatan, Filipina, dan India.

Sementara itu, Grup B berisikan Australia, China, Jepang, dan Taipei. Lalu, Grup D mempertemukan Iran, Kazakstan, Suriah, dan Bahrain.

Sebanyak tiga negara terbaik dari masing-masing grup akan melaju ke babak kedua. Babak kedua akan terbagi menjadi dua grup yang masing-masing grup terdiri dari enam negara.

Nantinya, delapan negara terbaik akan mewakili Asia-Oseania di Piala Dunia Basket 2023. Enam negara merupakan tiga terbaik dari masing-masing grup di babak kedua serta dua negara lainnya, yaitu Filipina dan Jepang selaku tuan rumah.

Jepang dan Filipina mendapatkan keistimewaan yakni otomatis lolos ke Piala Dunia 2023 selaku tuan rumah. Di babak kualifikasi, mereka hanya meramaikan, tetapi bila mereka masuk tiga besar di babak kedua, peringkat keempat punya kesempatan ke putaran final.

Timnas Basket Indonesia (Foto: Perbasi)

Adapun Indonesia,yang juga jadi tuan rumah, berkesempatan lolos, tetapi ada ketentuan tersendiri. Pertama, Indonesia lolos secara normal, yakni mengikuti tahap demi tahap kualifikasi ini.

Cara lainnya, yaitu Indonesia paling tidak harus masuk 8 besar di kompetisi Piala Asia FIBA 2021. Kompetisi, yang tertunda ini, rencananya akan dilangsungkan tahun depan.

Ronde 1 kualifikasi Piala Dunia Basket 2023 rencananya akan digelar tiga termin, yakni 20-30 November 2021, 21 Februari–1 Maret 2022, dan 27 Juni–5 Juli 2022 untuk babak pertama. Sementara itu, ronde dua dimulai pada 22– 3 Agustus 2022, 7–15 November 2022, dan 20–28 Februari 2023.

Hasil undian Kualifikasi Piala Dunia Basket 2023 Zona Asia:

Ronde 1

Grup A

Selandia Baru

Korea Selatan

Filipina

India

Grup B

Australia

China

Jepang

Taiwan

Grup C

Indonesia

Yordania

Lebanon

Arab Saudi

Grup D

Iran

Kazakhstan

Suriah

Bahrain





Sumber : okezone.com

0 comments: