Ikan Cupang Termahal, Harganya Fantastis Bikin Kaget

Rabu, September 29, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Ikan Cupang Termahal. (Foto: Okezone.com)


 Ikan cupang mahal menjadi tren di tengah pandemi karena banyaknya masyarakat yang memeliharanya. Ikan hias ini pun banyak sekali jenis dan memiliki keunikan sendiri sehingga mampu meningkatkan harga jualnya.

Ikan cupang disukai orang karena memiliki variasi warna-warna yang cantik pada sirip, ekor dan badannya. Terlebih saat masa pandemi, ikan cupang jadi tren ikan populer yang dicari dan harganya melambung.

Habitat asli ikan cupang di kawasan Asia Tenggara, terutama Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, Vietnam, hingga Thailand.

Bagi yang paham setidaknya ikan cupang bisa dibagi menjadi tiga kategori: aduan, hias, dan liar. Tapi untuk yang harga mahal biasanya ikan cupang hias dengan corak cantik.

Harga ikan cupang juga sangat mungkin terdongkrak khususnya buat yang juara di kompetisi ikan hias. Jangan heran bila ikan cupang ada yang mahal puluhan bahkan ratusan juta.

Di antara banyaknya jenis ikan cupang yang ada di dunia, mana yang paling mahal di tahun 2021? Berikut rangkuman dari berbagai sumber, Rabu (29/9/2021):

1. Ikan Cupang Nemo

Ikan cupang Nemo merupakan salah satu ikan cupang yang langka. Ikan cupang Nemo memiliki karakteristik bentuk yang kecil namun memiliki warna yang sangat mencolok seperti warna ikan nemo di lautan.

Sirip cupang nemo mungkin tidak selebar halfmoon, tetapi coraknya yang mencolok membuat ikan ini spesial. Ini membuat mereka terlihat lebih imut dan menggemaskan untuk dijadikan ikan hias.

Harga ikan cupang Nemo dipatok dari Rp200 ribu hingga Rp400 ribu.

2. Ikan Cupang Fancy

Jenis ikan cupang ini memang sudah mahal dari lahir. Ikan cupang Fancy memiliki keindahan warna karena memiliki keunikan warna tiga dimensi. Ikan cupang ini memiliki kombinasi warna pada tubuh dan sirip seperti bergerak saat berenang.

Ikan cupang Fancy ini dipatok dengan harga mulai dari Rp100 ribu hingga Rp200 ribu. Bahkan cupang fancy termahal yang pernah dijual mencapai Rp1,5 juta.

3. Ikan Cupang Double Tail

Ikan cupang double tail memiliki ekor yang terbelah jadi dua dengan gradasi warna yang berbeda sehingga membuat ikan cupang ini unik. Sayangnya, ikan ini memiliki cukup banyak kekurangan.

Harga cupang double tail cukup mahal, baik itu bibit atau indukan. Ikan cupang double tail juga sangat rentan jamur dan rawan kematian dini.

Kamu harus rajin merawat, memberi makan, dan mengganti air akuarium agar ikan terjauh dari stres. Ikan cupang Double Tail ini dijual dengan kisaran harga Rp 40 ribu hingga Rp 1,5 juta.

4. Ikan Cupang Plakat

Ikan cupang plakat ini merupakan ikan cupang yang berasal dari Thailand. Nama plakat sendiri berasal dari bahasa Thailand yang berarti “tarung”. Walaupun ikan aduan, plakat merupakan jenis ikan cupang yang mahal tepat untuk mengisi akuarium di rumah.

Namanya berasal dari bahasa Thailand yang berarti “tarung”. Ikan cupang Plakat memiliki tubuh yang besar dan memiliki ekor dan sirip yang pendek. Harga ikan cupang Plakat dipatok dengan harga Rp60 ribu hingga Rp2 juta.

5. Ikan Cupang Crowntail

Ikan cupang crowntail juga merupakan jenis cupang yang langka. Ikan cupang ini umumnya memiliki ekor yang panjang dan sensitif sehingga membutuhkan perawatan yang ekstra. Harga ikan cupang crowntail berkisar di harga Rp7 juta hingga Rp21 juta.

6. Ikan Cupang Halfmoon

Ikan cupang halfmoon masuk ke pasaran Indonesia 10 tahun yang lalu dan sampai sekarang pamornya belum turun. Cupang halfmoon termasuk jenis aduan.

Namun, jenis ini akan lebih baik jika dipelihara sebagai ikan hias untuk menjaga kecantikan sirip dan warnanya. Ikan cupang halfmoon memiliki keindahan pada ekor dan sirip yang lebar. Ikan cupang halfmoon betina memiliki warna yang lebih cerah dan memiliki ekor berserta sirip yang lebar daripada ikan cupang halfmoon jantan. Harga ikan cupang ini dapat dihargai hingga Rp20 juta.

7. Ikan Cupang Kanchen Worachai

Ikan cupang yang disebut sebagai yang termahal di dunia adalah cupang Kachen Worachai. Seekor ikan cupang Kachen Worachai dewasa bisa bernilai Rp20 juta di pasaran. Keunikan jenis ikan cupang yang mahal ini terlihat dari warnanya.

Ikan cupang Kancen Worachai ini merupakan ikan cupang yang memiliki warna yang menyerupai bendera Thailand. Nama ikan ini berikan oleh pemiliknya dengan nama Kachen Worachai yang merupakan salah satu kota yang ada di Thailand. Harga ikan cupang ini memiliki harga yang mahal yaitu sekitar Rp22 juta.



Sumber : okezone.com

0 comments: