Ini Alasan Merger Pelindo I-IV

Selasa, September 21, 2021 Jarmani. S.Pd, M.Pd 0 Comments



  Direktur Utama Pelindo II yang juga OC Integrasi Pelindo Arif Suhartono menyampaikan merger Pelindo I,II,III, dan IV dilaksanakan 1 Oktober 2021.  Salah satu alasan utama integrasi Pelindo I-IV itu untuk menekan biaya logistik seiring sebelumnya ada ketidakefisienan.

Arif menuturkan, program integrasi Pelindo ini sudah lama dirancang. Ia mengatakan, program tersebut sudah dirancang sejak 10-15 tahun lalu. Jika tidak ada hambatan, proses merger dilakukan pada 1 Oktober 2021.

"Program ini sebenarnya sudah sangat lama. Rencana pemerintah gabungkan Pelindo sekitar 10-15 tahun lalu belum terlaksana. Pemerintah saat ini berencana program itu terlaksana,” kata dia saat sosialisasi penggabungan Pelindo I,II, III dan IV, Senin (20/9/2021).

Ia mengatakan, hal yang melatarbelakangi pelaksanaan merger ini berkaitan dengan logistik. Biaya logistik yang ada di Indonesia sekitar 23 persen pada 2018-2019, dan kontribusinya 2,8 persen berasal dari logistik berkaitan dengan air. ”Hal tersebut Pelabuhan dan shipping lain sendiri. Memang kontribusi Pelabuhan sea cost sekitar 1,4 persen. Ini yang lebih besar dari land transportasi dan inventory,” kata dia.


Arif menambahkan, ketika performa Pelabuhan berdampak pada biaya logistik. Hal ini seiring pengelolaan Pelindo I-IV memiliki kapabilitas dan keuangan yang berbeda. “Berimbas kepada terjadinya perbedaan performance dan ciptakan ketidakefisinenaan di Pelabuhan. Ini salah satu alasan utama pada akhirnya pemerintah berencana integrasikan Pelindi I-IV,” kata dia.

Arif menuturkan, dengan dilakukan merger tersebut diharapkan layanan kepelabuhanan lebih baik ke depan seiring akan terjadi standarisasi antar Pelabuhan dan peningkatan kapasitas. “Ini sangat penting, komunikasi bagus dengan stakeholder, akses dari dan ke Pelabuhan,” ujar dia.

Sumber :liputan6.com

0 comments: