Ini Dia Pencipta Permainan Bola Voli

Rabu, September 29, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Pencipta permainan bola voli merupakan orang Amerika Serikat, William G Morgan. (Foto/Olympics)


INI dia pencipta permainan bola Voli. Orang tersebut adalah William G Morgan, seorang instruktur Pendidikan Jasmani Young Men Christian Association (YMCA), New York, Amerika Serikat, yang terinspirasi dari bola basket.

Sebagai Direktur Pendidikan Jasmani YMCA, William G Morgan bertanggung jawab menciptakan kegiatan bagi anggotanya. Dia khawatir bola basket yang terlalu melibatkan fisik tidak cocok untuk orang tua atau perempuan.

Foto/Wikimedia Commons

(William G. Morgan)

Berakar dari pemikiran tersebut, William menciptakan Mintonette, nama awal bola voli. Olahrara tersebut merupakan kombinasi dari baseball, bola basket, dan tenis. William memperkenalkan olahraga tersebut pada 9 Februari 1895 di Holuoke, Massachusetts, AS.

“Permainan mintonette menjaga bola tetap bergerak dari sisi ke sisi melalui jaring yang tinggi dengan sejumlah orang yang dapat berpartisipasi di setiap sisi,” ujarnya William G Morgan mengutip volleyball1on1.

“Permainan dimulai dengan seseorang di satu sisi memukul bola melewati net ke sisi lawan.”

“Lawan tidak boleh membiarkan bola membentur lantai dan harus mengembalikan bola melewati net. Dengan cara ini bola bergerak maju mundur sampai bola dipukul atau mendarat di sisi lantai lawan,” tambah dia.

Awalnya, bola voli memainkan 9 babak seperti bisbol. Namun, aturan itu terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Foto/Wikimedia Commons

Pertandingan bola voli awalnya juga beranggotan lima pemain dalam satu tim. Akan tetapi, jumlahnya kini menjadi enam pemain seiring waktu berganti.

Nama awalnya, nama bola voli (dua kata) diadopsi pada 1896. Hanya saja ketika seorang penonton bernama Alfred Halstead mengamati sifat voli pada pertandingan eksibisi di YMCA lokal dan menyarankan perubahan. Pada 1952 nama diubah menjadi satu kata yaitu bolavoli.


Sumber : okezone.com

0 comments: