Kala Kecap Asin Jepang Ingin Jadi Primadona di India

Rabu, September 01, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Raksasa makanan Jepang, Kikkoman, berharap dapat membujuk orang India untuk menggunakan kecap asin khas Jepang layaknya bumbu dalam setiap masakan. (iStockphoto/taa22)


Raksasa makanan Jepang, Kikkoman, berharap dapat membujuk orang India untuk menggunakan soy sauce atau kecap asin khas Jepang layaknya bumbu dalam setiap masakan, seperti kari hingga manisan.
Tentu, menambahkan kecap asin yang menjadi bahan baku pokok kuliner Asia Timur bukanlah hal mudah. Namun, mereka meyakini bahwa ini akan lebih sukses daripada saat memperkenalkannya ke Amerika Serikat pada 1960-an.

"Ketika kami memasuki AS, orang mengira kami menjual jus serangga karena warnanya yang gelap," kata Harry Hakuei Kosato, perwakilan Kikkoman di India kepada AFP.

Kini, kecap asin berhasil hadir di rumah tangga AS, menyumbang setengah dari pendapatan perusahaan sebesar US$4,4 miliar, dan Kikkoman berharap untuk meniru kesuksesan itu di India.


Penjualan di AS sendiri didorong oleh meningkatnya kegemaran masyarakat setempat pada masakan Jepang sejak 1980-an. Namun, perusahaan berencana  mengambil pendekatan yang berbeda ke India, yang merupakan rumah bagi populasi vegetarian yang signifikan.

"Ini bukan tentang membuat semua orang makan sushi. Kami ingin kecap kami menjadi saus tomatnya India," kata Kosato.

Dia berharap langkah untuk memasarkan kecap asin sebagai bumbu yang dapat beradaptasi tanpa henti akan berhasil di negara di mana inovasi kuliner adalah bagian dari budaya jajanan kaki lima.

Misalnya, Bombay Sandwich khas Mumbai, roti panggang ala Inggris yang diolesi mentega, tetapi dengan isian yang mencakup kentang rebus, bawang, tomat, bit, dan chutney ketumbar, dengan taburan "sev" di atasnya, camilan goreng India yang renyah.

Sehingga, tidak mengejutkan bahwa beberapa koki India mulai menggunakan kecap asin dalam masakan mereka jauh sebelum Kikkoman diluncurkan di negara itu awal tahun ini.

Pemilik restoran Prashant Issar pertama kali menggunakan kecap asin dalam masakan biryani enam tahun lalu, saat menjalankan Mirchi and Mime, sebuah restoran Mumbai yang menampilkan masakan India modern.

Sejak itu ia menambahkan sedikit kecap asin ke berbagai hidangan lokal, dari samosa hingga keema domba.

"Ketika saya mencobanya dengan keema pao, rasanya seperti, 'astaga!', itu sebuah rasa yang mengejutkan," kata Issar kepada AFP.

"Ini memiliki rasa umami yang tak terdefinisi, asam, kualitas tajam yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain," jelasnya coba menggambarkan.

Invasi kecap asin di India pun turut dicoba dengan mengandalkan influencer media sosial seperti Shalini Kapoor untuk membangkitkan selera masyarakat India.

Sumber :  cnnindonesia.com

0 comments: