Komunitas Muslim Ini Solid Bantu Para Pengungsi, Beri Makanan hingga Tempat Tinggal

Rabu, September 22, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi komunitas Muslim. (Foto: Unsplash)


ISLAM merupakan agama yang sempurna. Allah Subhanahu wa ta'ala telah mengatur semua hukum, termasuk dalam kehidupan sosial. Menunjukkan kebaikan kepada orang-orang, terutama yang kurang mampu, merupakan kebajikan moral yang paling ditekankan dalam kitab suci Alquran. Inilah yang dilakukan komunitas Muslim di Ohio, Amerika Serikat.

Organisasi layanan sosial Muslim terbesar di Ohio tersebut membuka pusat pemberdayaan pemuda yang pertama di sana. Proyek ini untuk membantu masyarakat kurang mampu mendapatkan bantuan makanan serta membantu imigran dan pengungsi dari negara-negara konflik untuk menemukan tempat tinggal yang aman.

"Proyek ini adalah hadiah dari komunitas Muslim untuk Kota Columbus dan tetangga kami," kata Zerqa Abid, pendiri proyek tersebut, seperti dilansir laman About Islam, Selasa (21/9/2021).

"Ini adalah lambang iman Muslim kami yang tertanam dalam pelayanan masyarakat, cinta kami untuk tetangga kami, dan kemanusiaan kami bersama," sambungnya.

Memecahkan Hambatan

Menargetkan para imigran juga, Abid berharap pusat bantuan ini akan membantu memecahkan hambatan bahasa dan budaya.

"Ada sejumlah besar pengungsi Muslim dari Somalia yang tinggal di lingkungan ini," katanya, "Mereka bisa melihat kita, mereka bisa berhubungan dengan kita, dan mereka bisa memercayai kita."


Abid juga menjelaskan, bantuan yang diberikan cukup mendukung kehidupan mereka sebagai imigran. Jadi selain menyediakan makanan, proyek tersebut juga akan memfasilitasi tempat tinggal dan kebutuhan pokok sehari-hari seperti pakaian.

"Jadi selain kami menyediakan makanan, kami juga berusaha menyediakan tempat tinggal, kemudian kami mengusahakan keselamatan dan keamanan, dan pakaian serta apa pun yang mereka butuhkan," jelasnya.

Islam sendiri menganjurkan memberi makan orang yang lapar, tanpa memandang ras, agama, atau latar belakang. Ini adalah bagian penting dari agama sehingga Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam mengatakan seseorang tidak benar-benar seorang Muslim jika dia pergi tidur dengan kenyang sementara tetangganya kelaparan.

Dalam hadis lain, Nabi Muhammad Shallallahu laihi wassallam bersabda, "Beri makan yang lapar, kunjungi yang sakit, dan bebaskan tawanan." (HR Al Bukhari)

Berharap untuk mendapatkan pahala dari Allah Subhanahu wa ta'ala, ada banyak amalan dalam Islam yang berusaha untuk mengurangi kelaparan dan penderitaan di seluruh dunia.



Sumber : okezone.com

0 comments: