Korea, China hingga Jepang Berebut Investasi di Indonesia

Rabu, September 29, 2021 Majalah Holiday 0 Comments

Indonesia jadi tujuan investasi Jepang hingga China (Foto: Okezone)

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengungkap Indonesia menjadi negara yang dilirik untuk investasi. Dia mengatakan Korea Selatan dan Jepang tengah bersaing dalam menanamkan investasi di Indonesia.

"Menarik lagi Korea melampaui Jepang. Ada komposisi sengit antara Korea, China dan Jepang. Kami tidak pernah membedakan negara mana yang dipriotas. Ada yang bilang kita fokus pada negara tertentu itu enggak ada. Indonesia enggak boleh diatur," kata Bahlil dalam video virtual, Rabu (29/9/2021).

Selain negara kawasan Asia, Bahlil mengatakan, Eropa juga telah melirik Indonesia untuk berinvestasi. "Eropa sekarang mulai menjadi Indonesia tujan Investasi alternatif yang menjadi skala priotas. Dan kami melihat Belanda menjadi up ketika Inggris keluar dari Euro dan bahkan Amerika Serikat itu urutan ke tujuh," katanya.

Sebagai informasi, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi Indonesia sebesar Rp223 triliun sepanjang April-Juni 2021.

Kinerja ini naik 16,2% dibandingkan periode sama di tahun lalu yang sebesar Rp191,9 triliun. Begitu pula dibandingkan dengan kuartal I-2021 yang sebesar Rp219,7 trilun, tercatat naik 1,5%.

Adapun, realiasi kuartal II-2021 ditopang oleh investasi langsung dari asing (penanaman modal asing/PMA) yang menyumbang 52,4% dari total investasi. Nilainya tercatat Rp116,8 triliun atau naik 19,6% secara tahunan dan 4,5% secara kuartalan.


Sumber : okezone.com

0 comments: